Pangdam I/BB : Hormati Kultur, Adat Istiadat, Masyarakat Setempat

author photo
Rebut Simpati dan Hati Rakyat

Teks foto, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah
Medan,Sumut  -- Hormati kultur, adat istiadat masyarakat setempat, rebut simpati dan hati rakyat yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah pada upacara Pemberangkatan Satgas Yonif 126/Kala Cakti dalam rangka operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI-PNG di wilayah Papua TA 2018, pada Senin 29 Oktober 2018 di Pelabuhan Pelindo I Belawan Jalan Serma Hanafiah Belawan.


Pada Kesempatan tersebut, Pangdam I/BB menyampaikan, setelah melewati pentahapan latihan dan peninjauan dari Komando Atas, selanjutnya kalian dinyatakan siap untuk melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan RI-PNG. Kepercayaan bangsa dan negara yang telah diberikan kepada kalian merupakan kehormatan dan kebanggaan, dengan harapan mampu mengemban tugas mulia ini demi keutuhan dan kedaulatan NKRI. Perlu dipahami, bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah rawan, baik aksi kelompok kriminal bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran batas wilayah. Dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok kriminal yang sangat mengganggu proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di wilayah kedaulatan NKRI. Oleh karena itu, dibutuhkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan kesungguhan dari seluruh prajurit Satgas Yonif 126/KC untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan dengan baik. Untuk itu, memerintahkan kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan siap siaga serta jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan nkri sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani oleh seluruh prajurit Satgas Yonif 126/KC dalam melaksanakan tugas operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG, sebagai berikut :  Pelihara keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas dimanapun berada. Laksanakan tugas ini dengan mengedepankan operasi teritorial dan operasi intelijen didukung operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku. Pahami, hormati kultur, adat istiadat masyarakat setempat, rebut simpati dan hati rakyat, sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat dan kehadiran Satgas Yonif 126/KC dapat diterima masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan, tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi. Jalin komunikasi yang harmonis dengan aparat pemerintah setempat, sehingga kendala yang kalian hadapi di lapangan dapat diatasi dengan baik. Kendalikan diri dalam situasi apapun di medan tugas, patuhi dan laksanakan petunjuk serta perintah pimpinan kalian di lapangan. Jaga martabat dan kehormatan Kodam I/Bukit Barisan dimanapun berada dan bertugas.

Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Danlantamal I Belawan, Walikota Medan, Irdam I/BB, Danrem 022/PT, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, L.O. TNI AL dan Tni Au, para Kabalakdam I/BB dan para Dansat BS wilayah Medan, Kapolresta Medan,Kapolres Deli Serdang, Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Syah-Bandar Pelabuhan Utama Belawan, General Manager Pelindo I Cabang Belawan, General Manager Belawan International Container Terminal (BICT), General Manager Belawan Logistic Center(BLC) dan Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan beserta pengurus.**(Pendam I/BB)

Press Release Pendam I/BB.
Sumber Pendam I/BB
Komentar Anda

Berita Terkini