Moltoday

Tradisi Budaya Leluhur Sangat Kental Bagi Masyaraka Desa Nunuk Baru

BERITA MOLTODAY author photo

Moltoday.com-Majalengka |Masyarakat Kabupaten Majalengka khususnya wilayah Majalengka selatan, sampai saat ini masih setia melestarikan tradisi budaya leluhur mereka. Seperti terlihat di salah satu Desa yakni Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka yang dinilai memiliki potensi budaya leluhur yang masih sangat kental serta masih lestari.

Ketua Yayasan Viarawangi Edelweis, Fani Maria, menyebutkan, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, memiliki banyak potensi seni dan budaya leluhur yang harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan.

Apalagi, kata dia, peninggalan budaya “Karuhun” yang merupakan warisan leluhur mengandung nilai seni budaya yang adiluhung dan dapat dijadikan daya tarik wisata pedesaan.

“Kami mendorong kegiatan budaya buhun yang ada Desa Nunuk Baru ini. Seperti lisung, tenun gadod, silat buhun, hingga permainan tradisional, bisa membumi dan terus lestari,” katanya, Sabtu (1/12/2018).

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi  kegiatan “Nyakralkeun Tambang Emas” dalam peringatan ke-547 Nunuk, sebagai potensi destinasi wisata Majalengka, di Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Majalengka, yang telah digelar pada Kamis (29/11/2018).

“Kedepan kekayaan seni dan budaya tersebut bisa menjadi daya tarik pariwisata lokal yang bisa membumi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Sutrisno, pasca memperingati ke-547 Nunuk, pihaknya mengaku sudah melaksanakan kegiatan antara lain Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Nunuk, di Blok Babakan Desa Nunuk Baru, yang digelar beberapa waktu lalu.

“Kegiatan Nyiramkeun Pusaka Karajaan Nunuk, sudah menjadi agenda rutin masyarakat kami setiap bulan Safar. Selain itu, warga pun selalu melaksanakan kegiatan lainnya seperti guar bumi dan pereresan,” jelasnya. (Put-Leo/Red)
Komentar Anda

Berita Terkini