Panglima Tni Dan Kapolri Ajak Semua Pihak Berkomitmen Jaga Keamanan Di Papua.

author photo

PAPUA - Bertempat di Hotel Swiss Bell, Jayapura Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian, Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP menggelar acara tatap muka bersama para tokoh Pemuda, tokoh perempuan, tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan Forkopimda.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama. Dalam dialog tersebut  membahas beberapa permasalahan yang tengah berkembang di Papua itu. Panglima TNI menyampaikan niatannya untuk mengajak kelompok kriminal bersenjata untuk berdialog. "Saya sudah sampaikan untuk bisa berdialog, yang membuka adalah saya ke Pendeta Lipius Biniluk untuk bisa berdialog dengan tokoh agama, termasuk Egianus Kogoya," tutur Panglima TNI. Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Polisi Prof.H.M Tito Karnavian, Ph.D juga menilai dialog bisa menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan Papua. Menurutnya, apa yang telah dilakukan pemerintah dan aparat keamanan saat mengatasi masalah di Aceh, bisa juga dilakukan untuk Papua. Terkait masalah Rasisme di Surabaya, Kapolri menyampaikan bahwa, "Negara kita merupakan negara heterogen oleh karena itu saya sependapat untuk mengembangkan sikap toleransi ini tidak memandang suku, ras dan agama hal ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif. Dan ucapan tersebut adalah tindakan perseorangan bukan mewakili masyarakat surabaya pada umumnya, tolong jangan di generalisir", tutup Kapolri.
Dalam kegiatan tersebut Kapolri di dampingi pejabat Utama Mabes Polri, antara lain Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., Kabaintelkam Polri Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, As Ops Kapolri Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K dan Karo Provost Div Propam Polri Brigjen Pol Drs. Hendro Pandowo, M,Si. koorspripim Polri Kombes Ferdy Sambo

Sedangkan pejabat TNI yang mendampingi Panglima TNI, yaitu As Ops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M, As Log Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr dan Pangdivif 3 Kostrad Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki.

Disela acara tersebut Panglima TNI sempat mengajak seluruh peserta menyanyikan lagu Aku Papua, karya Frangky Sahilatua. Kegiatan tatap muka selesai, di tutup dengan Doa oleh Ketua PWNU Jayapura dan foto bersama.
Komentar Anda

Berita Terkini