Sekdes Desa Simanungkalit Abaikan Permintaan Masyarakat

author photo

Reporter : PS
Editor : Redaksi

Taput |Moltoday.com - penetua Desa Simanungkalit Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara hampir sudah sangat lama tak mempunyai Kepala Desa yang Definitif sehingga banyak permasalahan bahkan banyak masyarakat mengeluh. Kabupaten, Selasa (01/10/2019).

Mereka mempersoalkan terkait keberadaan struktur dan perangkat desa yang dinilai tidak jelas sejak tahun 2017 pasca dilantiknya sebagai plt Kepala Desa.

Selain daripada itu,  juga menyoal terkait APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) yang dinilai bermasalah. Pengetua Simanungkalit mengatakan, pokok permasalahan yang utama di Desa Simanungkalit ini terletak pada struktur organisasi yang tidak jelas. Struktur yang ada hanya sebatas nama dan tanpa kinerja yang maksimal.

Parahnya, hingga detik ini Sekretaris Desa (Sekdes) Simanungkalit belum jelas siapa sosoknya. Sebab, posisi Sekdes diganti hingga dua kali.

"Sejak menjabat dari tahun ke tahun sebab struktur desa tidak jelas. Terutama posisi Sekdes yang dua kali sudah berganti nama," kata salah seorang warga yang tak mau diberitahu identitasya.

Dan Sekdes mengabaikan musyawarah kata Riston Simanungkalit dan Wilprit Simanungkalit mengatakan berbagai macam Musyawarah Desa sepertinya diabaikan dalam mengambil keputusan, salah satu contoh peruntukan Dana Desa  menurut Permintaan kami sudah jelas untuk pembuatan irigasi dekat daerah kami tetapi setelah pengerjaan Sekdes Desa Simanungkalit mengabaikanya dan kegiatan tersebut tidak masuk dalam permintaan kami melainkan diabaikan.

Lanjutnya, pergantian Sekdes Desa Simanungkalit ini ada yang janggal. Sebab, yang sebelumnya dijabat oleh Hutauruk dan br Purba selang beberapa bulan kemudian diganti  menjadi Marga Simanungkalit setempat, Itupun tanpa sepengetahuan penggantinya tersebut.

"Awalnya Sekdes dijabat oleh Ganda Hutauruk dan Br Purba ini . Namun tanpa sepengetahuan diganti oleh marga  Simanungkalit kita tdk tau siapa perencanaanya," ungkapnya.

Sayangnya, audiensi yang dilakukan oleh pengetua tidak ditemui oleh Sekretaris Desa. Padahal, niat hati pengetua beserta rekan-rekannya hendak menyampaikan banyak materi kepada sekdes  tersebut jika bertemu.

Namun demikian, kami berjanji akan kembali mendatangi  untuk menyampaikan sejumlah aspirasi demi kebaikan Desa Simanungkalit kedepan,pungkasnya.

Photo :Masyarakat Desa Yg komplain karena kurangnya sosialisasi Sekdes  dan adanya info yg kurang jelas mengenai struktur Desa.

Komentar Anda

Berita Terkini