Mendagri Tito Karnavian Sebut DPD RI Mitra Strategis Kemendagri di Daerah

author photo
Published : Ridwan
Editor : Redaksi

Jakarta, MOLTODAY.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D hadir dalam rapat kerja perdana bersama Komite I DPD RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta . Dalam kesempatan tersebut Mendagri menegaskan bahwa Dewan Perwakilan Daerah (DPD) khususnya Komite I adalah mitra strategis bagi Kemendagri di daerah. 

KLIK BERITA STREAMING TERKINI

“Tidak bisa di pungkiri, bahwa DPD adalah mitra strategis Kemendagri demi menjaga stabilitas politik dan pemerintahan dalam negeri," kata Mendagri di Jakarta, pada Senin (18/11/2019). 

Dalam kesempatan tersebut Mendagri Tito Karnavian hadir bersama dengan jajaran Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Kemendagri dan BNPP. Rapat perdana ini juga sekaligus dimanfaatkannya untuk menjelaskan program Kemendagri dan BNPP dalam mendukung 5 Program Prioritas Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. 

“Kemendagri dan BNPP telah menyusun desain program dukungan pencapaian 5 Prioritas Pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, yaitu Pengembangan SDM, Reformasi Birokrasi, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi dan Transformasi Ekonomi”, jelasnya.

Desain program yang diungkapkan Mendagri tersebar dalam 12 Komponen Kemendagri dan BNPP. 

“Kemendagri dengan 12 Komponennya serta BNPP siap bersinergi dengan DPD sebagai mitra strategis. Kemendagri menilai situasi di daerah tidak akan stabil tanpa didukung oleh tokoh - tokoh berpengaruh di dalamnya”, tukas Tito. 

Mendagri Berharap DPD RI Jembatani Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah

Mendagri berharap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mampu menjembatani pembangunan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Kami sangat berharap sekali peran daripada DPD ini akan dapat menjembatani sekaligus menstimulasi pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah terutama di Daerah,” kata Mendagri.

ia juga menjelaskan tugas Kemendagri sebagai poros Pemerintahan Dalam Negeri yang menjalankan fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap Pemerintah Daerah. Bersama DPD RI Ia berharap, dapat mendorong terciptanya pelayanan publik yang optimal.

“Terkait dengan pelayanan publik, mendorong terciptanya pelayanan publik yang optimal melalui pengawalan secara optimal penyelenggara urusan Pemerintahan di Daerah untuk melindungi, memberdayakan, mensejahterakan masyarakat terutama pemenuhan  pelayanan dasar oleh Pemda yang disebut dengan istilah SPM (Standar Pelayanan Minimum) ini juga menjadi konsep utama daripada Kemendagri agar semua Pemerintahan di Daerah baik tingkat I maupun tingkat II memberikan pelayanan SPM,” ucap Tito.

Dalam hal pelaksanaan program prioritas nasional, Mendagri mengakui diperlukan kerjasama semua pihak terutama unsur Forkopimda di Daerah. Tak terkecuali dengan investasi dan pembukaan lapangan pekerjaan.

“Pada saat dilakukan eksekusi terutama di bidang investasi dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, ini perlu kerjasama antara daerah dan pusat. Pusat sudah bisa mengawas infrastruktur trans Sumatera, trans Papua, membangun bandara, pelabuhan, dan lain-lain, diharapkan daerah juga membantu mendukung baik dalam melancarkan proyek-proyek dari pusat, infrastruktur yang bersangkutan, masalah tanah, dan sebagainya. Tapi daerah juga bisa membangun sarana pendukungnya, bisa membangun jalan-jalan tingkat di daerahnya untuk konektivitas ke sentral-sentral ekonomi, pertanian, sehingga memiliki nilai tambah,” jelas Mendagri.

Oleh karenanya, masih kata Tito, diperlukan pengawasan agar pembangunan berjalan sesuai dengan jalurnya sebagaimana arah pembangunan nasional dalam RPJMN atau RPJMD. Pengawasan tersebut dilakukan baik melalui Inspektorat maupun Direktorat Jenderal yang ada di Kemendagri.

“Kita juga melakukan pengawasan ke daerah baik dalam review keuangan oleh Ditjen Bina Keuda (Keuangan Daerah), kemudian juga pembimbingan dan review untuk tingkat Desa oleh Dirjen Pemdes (Bina Pemerintahan Desa) bersama-sama dengan Kementerian Desa PDTT, terakhir kita juga melakukan pengawasan dengan adanya jalur inspektorat yang melaporkan hasil inspeksinya kepada kepala daerah masing-masing dan kepada Irjen Kemendagri yang akan melakukan pembinaan,” bebernya.

DPD RI Siap Bermitra Dengan Kemendagri Dukung Kemajuan Daerah

Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D mengucapkan terima kasih atas komitmen Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mendukung program Kemendagri.

“DPD adalah mitra yang sangat penting. Kemitraan yang dibangun akan menjamin program sampai ke daerah demi mewujudkan kemajuan Daerah”, kata Mendagri.

Tito mengungkapkan, Tim Kerja nantinya juga akan bertugas untuk memastikan program-program berjalan sampai ke tingkat paling dasar.

“Tim Kerja diharapkan akan mampu menjadi forum efektif sehingga kebijakan yang dibuat pemerintah pusat telah sesuai dengan aspirasi masyarakat," tutupnya. 

Sumber : Puspen Kemendagri. 
Komentar Anda

Berita Terkini