author photo

Moltoday.com-Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) resmi meluncurkan Toba Smart Card (TSC), untuk memfasilitasi wisatawan asing maupun lokal agar  mudah melakukan transaksi non tunai di daerah destinasi wisata Danau Toba dan sekitarnya, kegiatan ini  berlangsung di Grand Inna Parapat, Kamis (21/11).

Dalam kesempatan ini Wiwiek Sisto Widayat selaku Kelapa Perwakilan BI Sumatera Utara mengatakan, Toba Smart Card ini sudah dirancang sejak Mei 2019 lalu. Namun Baru diputuskan pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah. Di mana salah satu kesepakatannya adalah, meningkatkan elektronikfikasi  lima destinasi super prioritas di Indonesia yang salah salah satunya adalah Danau Toba.

“Hari ini, Toba Smart Card sudah resmi diluncurkan berkat kerjasama dari sejumlah instansi terkait diantaranya BUMN, BPODT, BRI, Damri dan lainnya. Program Ini akan memberikan satu kemudahan bagi wisatan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba, yang mana pada dahulunya pembayaran harus dilakukan dengan uang tunai, namun sekarang bisa membayar memakai non tunai,” ujar Wiwiek Sisto Widayat kepada wartawan di sela-sela Launching Pilot Project Toba Smart Card.

Lanjut Wiwiek kembali, dengan desain gambar keindahan Danau Toba kartu ini juga dapat digunakan untuk membayar bus Damri, transportasi dari Ajibata ke Samosir yang menggunakan kapal Pelni ataupun untuk membeli souvenir dan lainnya.

Selain itu, dengan adanya chip di dalam kartu tersebut maka bisa digunakan untuk melihat destinasi-destinasi dan tempat penting di Danau Toba. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi tempat-tempat indah di daerah tersebut.(A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini