ZIKIR BERSAMA

ZIKIR BERSAMA

PRM Res Tj.Balai

Kapolres Batu Bara Lantik Pengurus SB4 Periode 2019 - 2024

author photo
Published : Redaksi

Batu Bara, MOLTODAY.COM - Kapolres Batu-bara AKBP Robin Simatupang SH MHum, melantik pengurus Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) periode 2019-2024, pada Sabtu (30/11/2019) di lapangan Indrapura, Kecamatan Air Putih Provinsi Sumatera Utara.

Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Bupati Batu-bara, Ir. H. Zahir MAP, mantan Ephourus HKBP Pdt Dr Willem TP Simarmata dan ribuan masyarakat.

Kapolres Batu Bara AKBP Robinson Simatupang SH MHum, mengatakan bicara Batak tidak terlepas dari asal mula Suku Batak di Sianjur Mula mula, Pusuk Buhit.

Tersebarnya bangsa batak di pesisir ini dulunya berasal dari Porsea, yang berdagang di Pesisir lalu melakukan asimilasi melalui proses perkawinan,” ujar Kapolres.

Menurutnya, Suku Batak ini unik, orang batak ini pamuka huta dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan. Salah satu suku yang punya aksara adalah suku batak, maka Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya

“Suku Batak ini unik, orang batak ini pamuka huta dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan. Salah satu suku yang punya aksara adalah suku batak, maka SB4 perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya,” kata AKBP Robin Simatupang.

Robin mengajak Ketua SB4 dan seluruh pengurus untuk menghidupkan kembali adat istiadat suku Batak sehingga tidak hilang tergerus zaman.

“Suku Batak Batubara harus mampu dan berperan serta menjaga Kamtibmas dan mengisi pembangunan Indonesia, khususnya Batu-bara. Suku Batak tidak mengenal perbedaan suku maupun agama, suku Batak menjunjung persatuan dan kesatuan,” tegas Kapolres.

Sementara Bupati Batu-bara menyampaikan Suku Batak Batu Bara Bersatu dalam setiap pemilihan masyarakat terpecah pecah oleh agenda demokrasi politik, tapi itu sudah berakhir, baik pilpres, pileg, dan terakhir pilkades, hilangkan perpecahan itu.

“Hari ini saya menjadi orang Batak, jadi jangan ada orang Batak yang demo ke kantor Bupati, Alhamdulillah sampai sekarang dan seterusnya belum ada orang Batak yang Demo,” gurau Zahir dengan dialek khas batak.

Pada kesempatan yang sama Bupati Zahir menyerahkan 12 bendera Pataka untuk dikibarkan di 12 Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara. 

Acara ini juga dihadiri Ketua Sementara DPRD Batubara M Syafi'i, anggota DPRD Citra Muliadi Bangun, Azuar Simanjuntak, Ketua Umum SB4, Ketua PD Alwashliyah Sarkowi Hamid, Kapolsek Indrapura AKP Mita Natasya dan perwakilan Ormas.
Komentar Anda

Berita Terkini