PRM Tangkahan Ajak Umat Islam Sambut Tahun Baru 2020 Dengan Kegiatan Positif

author photo
Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tangkahan, Eka Putra Zakran, SH.

Medan, MOLTODAY.COM - Menyambut datangnya tahun baru Masehi 2020, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kelurahan Tangkahan mengajak umat Islam untuk senantiasa melakukan evaluasi diri (muhasabah) dan memperbaiki amal ibadah kepada Allah (hablumminallah) dan muamalah hubungan antar sesama (hablumminannas)  tanpa terompet, mercon dan kembang api. 

Hal ini penting disampaikan, mengingat Terompet, Mercon dan Kembang Api bukanlah merupakan budaya yang datang dari ajaran agama Islam, melainkan budaya asing yang sifatnya adalah hura-hura dan banyak mudharatnya. 

Selain merugikan bagi perekonomian rakyat, tidak jarang juga kita lihat, dampak dari mercon dan kembang api ini di tempat tertentu terjadi kebakaran bahkan tidak jarang anak-anak pun ikut menjadi korban. 

Eka Putra Zakran SH menyatakan, sudah saatnya budaya hura-hura dan hedonisme ditinggalkan dan mari berubah kearah peradaban penuh makna dan kebahagiaan. Silahkan sambut datangnya tahun baru dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti Tabligh Akbar, Mabit, Shalat Malam, dan Silaturahmi keluarga perlu juga diintensifkan, karena kata rasul manfaat silaturahmi itu dapat memanjangkan umur dan melapangkan rezeki. 

Menurut Eka Putra, bahwa kita belajar dari tahun-tahun sebelumnya, jelang pergantian tahun baru sering terjadi bencana, baik banjir, longsor atau pun gempa. Karena sifat manusia kan mudah lupa, lupa akan kekuasaan Tuhan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Makanya kadang diberi teguran atau peringatan ya lewat musibah bencana dan lain sebagainya. 

"Sebab itulah makanya penting, muhasabah itu dilakukan, mungkin disana sini banyak salah dan khilaf makanya mari kita manfaatkan pergantian tahun baru ini sebagai momentum perubahan," imbuh Eka Putra yang juga ketua Pemuda Muhammadiyah Medan itu, Kamis (26/12/2019).

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini