Syahbandar Utama Belawan Lakukan Peninjauan Angkutan Natal Dan Tahun Baru 2020

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Hari ketiga setelah dibukanya secara resmi Posko Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo didampingi pejabat utama beserta stakeholder pelabuhan Belawan meninjau angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, pada  Senin (20/12/2019) sekira pukul 08.00 Wib di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan pengawasan dan memastikan kelancaran naik ataupun turun penumpang ke kapal. Selain itu juga melakukan pengecekan penumpang dan barang bawaan sesuai manifes dan kapasitas angkut, serta penyerahan surat persetujuan berlayar di atas kapal KM Kelud setelah dipastikan kapal memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Pada musim angkutan natal 2019 dan tahun baru 2020, telah disiapkan 2 kapal penumpang, yakni KM Kelud (rute Tanjung Balai Karimun - Batam - Tanjung Priok) dan KM Dorolonda (rute Batam - Kijang - Tanjung Priok) dan mengalami penambahan jadwal perjalanan dibandingkan tahun sebelumnya yakni 6 perjalanan menjadi 9 perjalanan," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo.


Adapun jumlah penumpang diprediksikan naik 10 persen dibandingkan jumlah penumpang pada tahun yang lalu sebanyak 27.876 penumpang.

Sementara Kepala PT. Pelni (Persero) Cabang Belawan Luthfi Ishar menyampaikan Pelni Cabang Medan menambah satu unit kapal yakni KM Dorolonda pendamping KM Kelud yang selama ini rutin membawa penumpang seminggu sekali dari Pelabuhan Belawan.

Menurutnya saat ini permintaan tiket masih biasa dan masih sesuai kapasitas. Ada dispensasi tambahan seat dari Kantor Pusat, namun belum bisa digunakan. 

"Saat peak-season, Pelni khusus melayani  rute Belawan-Batam. Namun mulai 25 Desember dan 30 Desember, melayani rute Tanjung Priok dengan menyinggahi Tanjung Balai Karimun, Kijang, dan Batam," tukasnya.

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini