PENGAMANAN NATAL POLRES TJ BALAI

HARI JUANG TNI KODAM I/BB

PRM Res Tj.Balai

1180 Personel Apel Gabungan di Sumut Siaga Hadapi Bencana Alam

author photo

Medan, MOLTODAY.COM - Sebanyak 1.180 personel gabungan siaga menghadapi potensi bencana di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Personel gabungan ini terdiri dari 840 personil Polri, 180 personil TNI dan 30 personil dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sumatera Utara, 30 personil Basarnas Kota Medan, 30 personil P2K Medan, 30 personil Satpol PP Medan, 10 personil Polisi Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, 10 personil dari Dinas Kesehatan Sumut, 10 personil dari BMKG Medan, dan 10 personil dari PMI Provinsi Sumatera Utara.

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengutip prakiraan cuaca dari BMKG mengenai musim hujan yang akan terjadi di Sumut pada akhir Januari 2020.

"Untuk itulah kepolisian Sumatera Utara diharapkan untuk siap mengatasi kemungkinan terjadinya bencana yang ada di wilayah kita," ujar Irjen Martuani di lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (15/1/2020).

Apel pasukan ini, kata Martuani, juga untuk memastikan kesiapan segala perlengkapan menghadapi bencana.

"Dari hasil kesiapan yang kita periksa ternyata sumber daya yang kita miliki sudah tersedia. Saya berharap peralatan-peralatan yang kita miliki senantiasa siap digunakan," ujar martuani.

Kapolda berharap agar seluruh personel gabungan mampu mengoperasikan seluruh sarana prasarana yang ada serta mampu mengatasi apabila terjadi kendala pada peralatan tersebut.

Dikatannya, dalam menghadapi situasi bencana alam baik itu Banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung/badai tidak bisa sendiri-sendiri, melainkan menghadapinya harus bersama-sama.

"Untuk baik dari TNI dan Polri maupun dari Provinsi, Kabupaten dan Kota agar dipersiapkan dan disinergikan untuk membantu para korban yang terkena dampak musibah," ucap Kapolda Sumut.

Sejumlah peralatan kesiagaan juga dicek kesiapannya diantaranya, mobil Rescue Dit Samapta 2 Unit, Truk Brimob 3 Unit, mobil Patroli Pom TNI AD, AU, dan AL 3 Unit, mobil Provos Polda Sumut 1 Unit, mobil Lalu Lintas Dit Lantas Poldasu 5 Unit, perahu Karet Dit Polair 2 Unit, Sepeda Motor Patra 10 Unit, Sepeda Motor Samapta 10 Unit dan Sepeda Motor Ditlantas 8 Unit.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Ketua DPRD, Kajati Sumut, Ka PN Sumut, Pangkosek Hanudnas III,Komandan Lantamal I Belawan, Kabinda Sumut, Ka BNNP Sumut, Komandan Lanud Suwondo,Plt Walikota Medan, Ka BPBD Sumut, Kasatpol PP Sumut, Kadis Kes Prov Sumut, Kadis Bina Marga & Kontruksi Prov Sumut, Ka PMI Sumut, Ka BMKG Prov Sumut, Kapolhut Prov Sumut,Ka Basarnas Medan, KP2K Medan, Kasat Pol PP Kota Medan, Wakapolda Sumut dan Para PJU Polda Sumut. 

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini