PENGAMANAN NATAL POLRES TJ BALAI

HARI JUANG TNI KODAM I/BB

PRM Res Tj.Balai

BI Prediksi Prospek Perekonomian Sumut Di 2020 Lebih Baik

author photo

Moltoday.Com.Medan -
Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat bersama Kepala Grup SP, PUR, Layanan dan Admisistrasi Andi Wiyana,  membuka bincang bareng media untuk mendiskusikan prospek perekonomian Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2020. Baik itu dari sisi pertumbuhan Ekonomi maupun dari sisi Infalasi, di Lantai 6 Gedung BI Perwakilan Sumatera Utara Jl., Putri Hijau Medan, Kamis (9/1/2020).

Di kesempatan ini Wiwiek mengatakan, ditahun 2019  ekonomi global semangkin tidak ramah. Sebab terjadi penurunan global akibat perang dagang dan kebijakan di berbagai negara yang mendahulukan kepentingan ekonomi dalam negari mereka.

Tambahnya lagi, prediksinya pada tahun 2020 nanti ada perbaikan ekonomi global, yang diiringi peningkatan harga berbagai komoditas. Harga minyak mentah diperkirakan akan membaik, ini seiring dengan perpanjangan waktu pemangkasan produksi dari OPEC.

"Apalagi kalau nanti sampai terjadi perang antara negara  Irak dan negara Amerika Setikat, sudah pasti akan mempengaruhi harga minyak mentah (Crude) dipasaran dunia," jelas Wiwiek.

Pada Rapat Dewan Gubernur BI dari 18-19 Desember yg lalu sudah menetapkan, BI- Day Reverse Tope Rate (5.00%) tetap,  Suku bunga Deposit Facility (DF)  (4,25%) tetap dan Suku Bunga Lending Facility (LF) (5,75%) tetap. Dan BI juga menetapkan 7 Fokus kebijakan baru pada tahun 2020 yang akan datang secara nasional.

Sementara itu, untuk tingkat Sumatera Utara sendiri masih tetap diatas pertumbuhan  secara nasional. Dimana pada Triwulan III 2019 tumbuh 5,11%(yoy) lebih rendah dari triwulan sebelumnya 5,25% (yoy)." Ini semua ditopang oleh perbaikan Konsumsi Rumah Tangga pada masa liburan anak sekolah serta biaya pendidikan untuk tahun ajaran baru," terang Wiwiek.

Sementara itu di neraca perdangan Sumatera Utara Surplus mencapai USD 3,1 miliar dan lebih rendah dibanding tahun sebelumnya (-8,53%yoy). "Jadi kesimpulannya, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara diperkirakan secara keseluruhannya ditahun 2019 meningkat," ucapnya.

Bisa disimpulkan, untuk keseluruhan di tahun 2020 ekonomi sumut diperkirakan tumbuh kuat dibanding 2019, ini didukung oleh peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi ekspor, ucap Wiwiek optimis. 


(A-1Red).
Komentar Anda

Berita Terkini