Giat Rutin "Bersih Lingkungan Dan Laut" Syahbandar Utama Belawan, Edukasi Warga Pesisir

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Sebagai tindak lanjut pelaksanaan gerakan bersih laut dan pantai serentak di seluruh Indonesia yakni di 228 lokasi pelabuhan pada 12 September 2019 yang lalu dan berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai aksi membersihkan laut secara serentak di pelabuhan terbanyak.

Sebagaimana diketahui, Dirjen Perhubungan Laut telah mengeluarkan Instruksi Nomor: HK.211/11/DJPL/2019 tentang pelaksanaan kegiatan bersih lingkungan kerja secara rutin di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.


Menanggapi dan melaksanakan instruksi tersebut, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan secara rutin menggelar aksi bersih lingkungan kerja, seperti di area dan pekarangan Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Jumat (31/1/2020).

Selain itu, dengan menggunakan kapal patroli KPLP KN 463 dan KN 513, Kesyahbandaran Utama Belawan juga melakukan aksi bersih-bersih di daerah perairan laut Belawan dan Pelabuhan Belawan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Ir. Sugeng Wibowo melalui Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Umum dan Humas Raden Yovial Adiwijaya, SH., menyampaikan kegiatan bersih lingkungan pelabuhan yang dilaksanakan secara rutin ini juga sebagai salah satu bentuk sosialisasi Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan kepada seluruh masyarakat di sekitar Pelabuhan Belawan terutama para nelayan dan para pemilik kapal agar semakin sadar untuk tidak mencemari lingkungan laut dan apabila diketahui melanggar, dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hal ini bertujuan agar aksi, energi serta semangat yang positif menjaga lingkungan harus tetap dipertahankan demi menjaga kebersihan, kesehatan, dan keindahan lingkungan pelabuhan serta ekosistem kehidupan di laut," ujar Yovi. 


Syahbandar Utama Belawan juga mengajak kepada semua pihak baik instansi pemerintah, BUMN maupun masyarakat yang bermukim di sekitar pinggiran Pelabuhan Belawan untuk peduli terhadap kebersihan laut.

"Marilah sama-sama kita jaga kebersihannya, jika bukan kita yang menjaga kebersihannya dan peduli, siapa lagi yang akan peduli,” demikian diungkapkan Yovi mengutip instruksi Syahbandar.

 (Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini