BI Sukses Menggelar Puncak Pekan QRIS Nasional Di Lapangan Bentenng.

author photo

Medan.Moltoday.com - Walaupun sempat dihantui dengan ancaman wabah Covid -19, acara puncak Pekan QRIS Nasional Sumatera Utara yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Minggu 15 Maret 2020 bertempat di Lapangan Benteng Medan sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diawali dengan gowes bersama, diikuti langsung oleh kepala perwakilan BI Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara, unsur FORKOPIMDA, Anggota Komisi XI DPR RI Hidayatullah, OPD, Perbankan, UMKM, dan Masyarakat.

Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat membuka acara sekaligus memberikan paparan singkat terkait QRIS. Harapannya, agar QRIS dapat diimplementasikan semakin meluas demi masyarakat yang lebih maju.

Selain itu kegiatan juga diisi dengan bazaar food & beverage dari UMKM binaan dan merchant perbankan, PJSP, start up, dan program" elektronifikasi BI Sumut, yang seluruhnya telah menggunakan QRIS.

"Adanya kondisi siaga Covid-19, membuat pelaksanaan puncak acara di scale down. Awalnya target peserta berjumlah 2000 orang, namun yang hadir menjadi sekitar 600 orang. Stand bazaar juga dikurangi dari 80 menjadi 44 dagan waktu pelaksanaan hanya setengah hari ini saja, yang awalnya direncanakan berlangsung selam 2 hari", jelas Wiwiek.

Namun, sambung Wiwiek, prosedur nasional untuk pencegahan telah dilakukan dengan melakukan pemindaian suhu kepada seluruh tamu/peserta yang akan memasuki area Lapangan Benteng serta penyediaan hand sanitizer di beberapa titik lokasi.

Himbauan untuk terus menjaga kebersihan diri pribadi serta membudayakan bertukar salam tanpa bersentuhan juga disampaikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Kedepannya untuk sementara waktu Sumatera Utara akan meminimalkan bahkan meniadakan kegiatan-kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah besar, untuk meminimalkan risiko yang tidak diinginkan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU oleh stakeholder terkait komitmen implementasi elektronifikasi pembayaran di beberapa lokasi di Sumatera Utara, seperti Pelabuhan Ajibata, Transaksi Pemda, uji KIR dan Parkir, Kantin Pancabudi, serta Pondok Pesantren Al-Kautsar.

Edy juga turut mencoba langsung penggunaan QRIS dengan melakukan scan QRIS donasi ke Mesjid Agung Provinsi Sumatera Utara, dan juga mengucapkan slogan 'Woii Pake QRIS Lah, Paten Kali Bah'.  "Harapan saya hal ini dapat mendorong seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk turut menggunakan QRIS dalam transaksi pembayaran non tunai," ajaknya

Acara dilanjutkan dagan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Vlog, Foto transaksi, dan Artikel QRIS BI Sumut yg diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan dan Kepala Grup SP BI Sumatera Utara.

Rangkaian acara ditutup dengan penampilan terbaik dari Donnie ex-Adaband dan Lyodra Idol yang membawakan lagu-lagu terbaik masing-masing. Lapangan Benteng gempar, masyarakat Medan turut bersuka cita bernyanyi bersama para idola meramaikan acara Pekan QRIS Nasional 2020 di Sumatera Utara.

Kesukses ini tergambar dari masyarakat yang senang, serta jualan pedagang laris manis degan transaksi QRIS yang cepat dan mudah. Semoga acara ini dapat mendorong implementasi QRIS yg semakin meluas di Sumatera Utara.

(A-1Red).
Komentar Anda

Berita Terkini