Status PDP ES Meningkat Menjadi Positif Covid-19, Berikut Pernyataan Jubir Gugus Tugas Asahan

author photo
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Asahan Rahmat Hidayat Siregar

Asahan, Moltoday.com -- Salah seorang warga Asahan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ES,Warga Kec. Simpang Empat yang diketahui bertugas sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dinyatakan positif terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19) beserta istrinya. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Asahan Rahmat Hidayat Siregar di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Asahan, Selasa (14/4/2020).

" kami sampaikan bahwa Es dan istrinya dinyatakan positif Covid 19. Hal itu berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang memberitahukan keduanya positif terjangkit Covid-19 dan karena hal tersebut maka data warga yang positif Covid-19 mengalami perubahan”, ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, sebelumnya di Kab. Asahan ada 4 orang dengan status PDP. Dan Keempat orang tersebut telah menjalani uji klinis Swab di Rumah Sakit Martha Friska Medan. Dari keempat orang tersebut, hasil Swab ES dan istrinya telah keluar dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Sedangkan 2 orang lagi yang berstatus PDP telah menjalani uji Swab tetapi hasilnya belum keluar. Namun, data tersebut sekarang berubah menjadi 2 orang berstatus PDP yaitu ML dan istrinya. Sedangkan yang berstatus positif Covid-19 menjadi 3 orang yaitu ES dan istri serta SBB yang telah meninggal dunia. “dengan naiknya status PDP, ES dan istri menjadi positif Covid-19, Pemkab Asahan belum mengubah atau menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat”, tukas Hidayat .

Lebih lanjut Hidayat menjelaskan, Es dan istrinya serta 2 pasien PDP lainya yakni ML dan istrinya, saat ini masih berada di RS Martha Friska guna menjalani proses pengobatan. Dirinya juga sampaikan sebanyak 34 orang warga Asahan yang sempat kontak dengan ES dan istrinya, semuanya telah menjalani Rapid Test dan dinyatakan negatif dari Covid-19. “begitu juga 46 warga Asahan yang sempat kontak fisik dengan almarhum SBB, semuanya juga telah menjalani Rapid Test dan dinyatakan negatif Covid-19”, jelas Hidayat.

Masih menurut Hidayat, hasil positif Covid-19, Es dan istrinya, juga telah dikonfirmasi ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Sumatera Utara. Dan hal itu dibenarkan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provsu dr. Aris Yudhariansyah.

(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini