Jubir GTPP Asahan : Pemkab Telah Rencanakan Pemulangan TKI dari Malaysia

author photo


Asahan, Moltoday.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan telah merencanakan untuk membantu proses pemulangan warga Asahan, yang berada di Malaysia.

Proses pemulangan akan secepatnya dilaksanakan mengingat kondisi para TKI yang cukup memprihatinkan. Ini sesuai dengan laporan salah seorang petugas, yang ditunjuk tim gugus tugas Covid-19 melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si (foto), Sabtu (2/5/2020l mengatakan, saat ini proses pemulangan dalam tahap pengurusan administrasi.

Rahmat juga mengungkapkan Pemkab Asahan melalui Gugus Tugas covid-19 telah berupaya secepat mungkin, dalam mengurus pemulangan warganya dari Malaysia.

Beberapa tahap yang harus dilalui dilakukan guna pelaporan ketua gugus tugas covid-19 yakni Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, kepada Gubernur Sumatera Utara.

Beliau juga menjelaskan apabila proses administrasi telah selesai, maka data akan diserahkan langsung ke Pemprovsu untuk diurus melalui lintas Kementerian. Dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa Kementerian, yakni Kementerian Perhubungan dan bea cukai.

Juru bicara gugus tugas yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Asahan tersebut menjelaskan. Pemkab Asahan akan mempersiapkan kapal feri, untuk memulangkan para TKI asal Asahan tersebut. Penjemputan akan dilakukan jika berkas sesuai dengan KTP dan KK yang ada.

Rahmat juga berpesan agar kita bersama-sama mendoakan supaya proses pemulangan para TKI berjalan lancar dan wabah covid-19 segera berakhir agar masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala.(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini