PemKab Deliserdang Dorong Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

author photo

Published   : Des'Munthe

Editor          : Redaksi & DM




Lubuk Pakam.Moltoday.Com

Dalam Rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Di Provinsi/Kabupaten Kota Tahun 2020 Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Deli Serdang menggelar pertemuan bertajuk “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”

Pertemuan  yang berlangsung di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang, selain Bupati  H Ashari Tambunan, juga hadir sebagai narasumber dalam pertemuan ini  Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara Ir Halen Purba M.M , serta Anggota Komisi X DPR RI dr. Sofyan Tan, dan Pegiat Literasi Irwanto. Senin Tanggal 28 September 2020.

Mengawali kegiataan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kab. Deli Serdang Drs H Misran Sihaloho,M.Si , melaporkan kegiatan yang mempertemukan berbagai komponen masyarakat di Deli Serdang ini secara umum bertujuan untuk membangun pemahaman dan komitmen bersama dalam rangka mendorong peningkatan budaya literasi di seluruh kalangan masyarakat di Deli Serdang.

”Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah, mengoptimalkan kinerja kegiatan pemasyarakatan dan promosi pendayagunaan perpustakaan dan pentingnya kegemaran membaca bagi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan penting dan strategis, memotivasi dan membangun persepsi masyarakat tentang buku sebagai salah satu kebutuhan pokok serta sarana belajar sepanjang hayat (life long education), menyamakan persepsi, pokok-pokok pemikiran dan gerak langkah dalam memotivasi masyarakat untuk membudayakan gemar membaca dalam kehidupan sehari-hari, mewujudkan kondisi perpustakaan sebagai wahana belajar mandiri yang lebih baik dan nyaman, layaknya area rekreasi atau tujuan wisata ilmu diluar rumah pribadi, menggalakkan gerakan nasional gemar membaca  melalui pemberdayaan perpustakaan baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun pemerintah. Sumber biaya kegiatan dari Dokumen DPA-APBN Perpusnas R.I Tahun Anggaran 2020.” jelas Ka. DPKD Deli Serdang.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan dalam konteks fungsi kelembagaan memiliki peran penting dalam program strategis nasional pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang tertuang dalam RPJMN 2020 - 2024.

Dalam hal ini, salah satu tugas perpustakaan yaitu membumikan budaya literasi melalui optimalisasi pengembangan inovasi akses masyarakat kepada pengetahuan harus menjadi kegiatan prioritas yang perlu ditegaskan untuk mewujudkan SDM indonesia yang berkualitas, berbudaya dan kompetitif.

"salah satu cara untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Republik Indonesia ialah bagaimana meningkatkan minat baca dan literasi sehingga dapat mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”, ucap Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia." terang Syarif Bando.

Syarif juga melihat ada pemahaman umum yang tidak lengkap terkait aktivitas literasi di kalangan masyarakat. Menurutnya literasi bukan sekedar aktivitas membaca dan menulis semata, namun merupakan proses untuk mengembangkan pengetahuan SDM yang memiliki keterampilan unggul dan inovatif melalui sumber - sumber pengetahuan yang tersedia termasuk di perpustakaan.

"mohon dipahami literasi bukan sekedar memilah huruf, mengenal kata tetapi literasi memiliki formula baru sesuai kebijakan di pusat. Literasi merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat menggunakan potensi serta keterampilan dalam mengolah dan juga memahami informasi saat melakukan kegiatan atau aktivitas membaca dan menulis," sambungnya.

Untuk itu Kepala Perpustakaan Nasional mengajak seluruh pihak termasuk pemerintah daerah untuk berkomitmen memperkuat sumber daya perpustakaan sebagai salah satu sarana membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. imbuhnya.

Menyambut penjelasan Kepala Dinas Perpustakaan Nasional Indonesia, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menuturkan, kegiatan ini sangat penting untuk disikapi secara serius yang akan membuka wawasan serta memotivasi semua pihak tentang pentingnya budaya literasi diletakkan sebagai salah satu kegiatan prioritas pembangunan untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Acara ini sangat memiliki nilai yang sangat tinggi sebab dalam rangka peningkatan indeks literasi sehingga menjadi tantangan bagi kami untuk berinovasi dalam peradaban yang sangat maju dari saat ke saat sehingga dengan hadirnya kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk bersungguh-sungguh menghadirkan peran institusi yang disebutkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia. terangnya

“Saya percaya bahwa kami di Deli serdang sudah mengubah pola pikir kami bahwa literasi merupakan upaya yang penting bagi kemajuan serta mencerdaskan kehidupan bangsa, ujar Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam sambutannya”

“Tahun depan di Deli Serdang akan dibangun perpustakaan yang sangat representatif yang memenuhi perpustakaan yang modern, dimana nantinya dapat mewujudkan masyarakat Deli Serdang yang maju, sejahtera, religius, rukun dalam kebhinekaan, tambahnya.”

Turut hadir mengikuti kegiatan, Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yisuf Siregar, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Deli Serdang H Timur Tumanggor, Para Pimpinan OPD, Para Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten/Kota Medan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, dan Dairi.(Des)





Komentar Anda

Berita Terkini