Kembali Pemkab Deliserdang Lakukan Bedah Rumah Warga di Desa Lalang Kecamatan Sunggal

author photo


Sunggal, Moltoday. Com - Untuk mendapatkan rasa nyaman dan asrinya hunian di suatu lingkungan, haruslah penduduk dilingkungan tersebut memiliki rumah yang layak huni, khususnya diwilayah Kecamatan Sunggal.

Atas dasar itulah, Pemerintah Kecamatan Sunggal melalui Kepala Desa Lalang Indrayani Nst, SH kembali melaksanakan Program Bedah Rumah kepada warga miskin yang dananya berasal dari dana CSR dan disalurkan Pemerintah Kabupaten Deliserdang di Jl. Stasiun Dusun I Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Selasa (3/11/2020).


Peletakan batu pertama bedah rumah ini, langsung dilakukan Camat Sunggal Ismail S.STP, MSP dan didampingi Kepala Desa Lalang Indrayani Nst, SH, BPD Desa Lalang, Staf Desa maupun warga sekitar rumah yang dibedah.

Dasar dilakukannya program bedah rumah ini, mengaplikasi dari konsep Bupati Deliserdang, yaitu GDSM (Gerakan Deliserdang Membangun). Dengan memanfaatkan dana bantuan dari para pengusaha (Pihak Ketiga) yang ada di Wilayah Deli Serdang," kata Indrayani Nst. SH kepada Moltoday.



Konsep pelaksanaannya pun ada 2 sambung Iyan, sapaan akrab Kepala Desa. Yang pertama Konsep bedah rumah dari dana CSR (pihak ketiga), berupa uang 15 juta yang langsung diberikan kepada warga.Sedangkan konsep kedua dana dari APBD Kabupaten berupa barang material berupa, Semen, Kayu, Pasir, Seng, Batu Bata, Kusen dan lainnya.

"Setelah uang diserahkan kepada warga penerima program bedah rumah, barulah uang tersebut dipergunakan untuk biaya ongkos tukang dan biaya lainnya. Kalau material kan sudah ada, walaupun masih ada kekurangan  yang harus di talangi warga tersebut," terang Kades Lalang.

Dikesempatan yang sama, Camat Sunggal Ismail kembali nenambahkan bahwa, program bedah rumah ini sudah lama berjalan. "Dan pastinya diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu membangun rumah layak huni untuk keluargannya," jelasnya.

Dengan memanfaatkan tiga pilar lanjut Ismail , antara Pemerintah, Masyarakat dan Pengusaha program bedah dapat berjalan lancar. "Tahun ini Kecamatan Sunggal mendapat jatah 5 unit, dan kalau proses pembangunan 5 rumah ini bisa cepat selesai, saya akan ajukan lagi untuk penambahan jatah bedah rumah buat Kecamatan Sunggal ke Pemkab Deliserdang," harapnya.

Sementara itu, pemilik rumah yang dibedah Ria Harnita (32) penduduk Dusun I Desa Lalang, merasa bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah ini. "Bagainama tidak, program bedah rumah ini yang mengusulkan itu orang tua saya (Alm. Suriadi). Dan setelah dua tahun meninggal, barulah hari ini rumah kami di bangun (Dibedah). Kalau memang rezeki kan gak kemana," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

(A-1Red) 

Komentar Anda

Berita Terkini