Alasan Perpustakaan Perlu Melakukan Proses Konversi Koleksi Menjadi Dokumen Digital

author photo

Alasan Perpustakaan Perlu Melakukan Proses Konversi Koleksi Menjadi Dokumen Digital. Sebelum melakukan proses alih media pastikan bahwa perpustakaan. telah memiliki ijin dari pembuat. Kapasitas Hard Disk Diperlukan tidak hanya untuk sekedar menjalankan sistem apliksi, namun berfungsi juga sebagai media penyimpanan file digital dari hasil pekerjan alih media dan pengeditan. Proses digitalisasi ini dapat dilakukan terhadap berbagai bentuk koleksi atau bahan pustaka seperti, peta, naskah kuno, foto, karya seni patung, audio visual, lukisan, dan.

Alasan Perpustakaan Perlu Melakukan Proses Konversi Koleksi Menjadi Dokumen Digital

Dokumen digital untuk bahan suatu perpustakaan digital dapat diperoleh dari : Untuk mengubah dokumen dari format tercetak ke format digital maka kita harus melakukan proses yang Dokumen dalam format file docx dapat dengan mudah dikonversi ke format file doc, html, rtf dan juga format. Konversi kadangkala diperlukan karena kita sudah pernah mengdata koleksi dengn menggunakan lotus, excel atau word. Pembuatan perpustakaan digital tidak menemui masalah selama dokumen yang diterima berupa elektronik. Melakukan klarifikasi hak cipta (copyright) dan kepemilikan dari sumber materi bahan perpustakaan perlu dilakukan untuk aspek legalitas terhadap hak kekayaan intelektual (HAKI). Jenis koleksi perpustakaan sebagai sumber informasi baik dalam bentuk cetakan, atau non cetak, bentuk micro maupun sumber elektronik.

Maksudnya digitalisasi merupakan proses konversi dari bentuk analog kebentuk digital. d.

Sedangkan Dokumen Management adalah proses pengolahan koleksi digital misal dirubah dari jenis file doc/xls/ppt/jpg ke pdf.

Sebelum melakukan proses konversi dokumen pastikan bahwa Anda atau institusi telah memiliki Dokumen digital yang ada, diolah dengan software tersendiri misalnya: Adobe Acrobat, New Spektra dll.

Penggunaan komputer di perpustakaan ini menjadi awal dari perkembangan perpustakaan digital. PERSIAPAN Beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat dokumen digital adalah sebagai berikut TAHAPAN SCANNING Pada proses scanning ada beberapa tahapan yang perlu dicermati agar hasil scanning yang diharapkan dapat optimal. Melakukan klarifikasi hak cipta (copyright) dan kepemilikan dari sumber materi bahan perpustakaan perlu dilakukan untuk aspek legalitas terhadap hak kekayaan intelektual (HAKI). Kapasitas Hard Disk Diperlukan tidak hanya untuk sekedar menjalankan sistem apliksi, namun berfungsi juga sebagai media penyimpanan file digital dari hasil pekerjan alih media dan pengeditan. Melalui koleksi perpustakaan, siswa akan memperoleh informasi yang baik, sesuai dengan kebutuhannya.

Komentar Anda

Berita Terkini