DPO Kejatisu Kembali Diamankan Tim Intel.

author photo


MEDAN - Kembali Tim Intelijen Kejati Sumatra Utara menangkap seorang Akuntan Publik yang juga Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta, Drs.H.Hasnil,AK,MM.

DPO Kejatisu Hasnil yang paling dicari oleh dua Kejari di Sumatra Utara, yakni Kejari Langkat dan Simalungun ditangkap dikediamannya Jalan Mangga I No. 163 Kompleks PU, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (29/07) dinihari,dipimpin langsung Asintel Kejatisu Leo Simanjuntak.

Saat dikonfirmasi Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian,S.H, membenarkan atas penangkapan tersebut."Hasnil merupakan terpidana dalam kasus korupsi penghitungan kelebihan Pembayaran Pajak Penghasilan PNS Tahun 2001 dan 2002 pada Sekretariat Kabupaten Langkat Tahun 2003 yang menimbulkan[cut] kerugian negara sebesar Rp 1.2 Milyar. Tidak hanya di Langkat Hasnil juga terpidana dalam kasus yang sama di Simalungun pada 2008 dengan kerugian negara Rp 1,7 Milyar dengan total kerugian Rp 2,9 Milyar,"tegas Sumanggar.

"Berdasarkan putusan Mahkamah Agung, Hasnil dijatuhkan hukuman 6 tahun kasus di Langkat dan di Simalungun dijatuhkan hukuman 4 tahun penjara. Selama proses penyidikan hingga putusan MA awal 2018 Hasnil tidak ditahan dan tetap menjalankan profesi akuntan dan juga sebagai dosen,"tutur Sumanggar.

Sumanggar juga menyampaikan bahwa Hasnil tidak sendirian, mantan Sekda Langkat Surya Djahisa dan mantan Sekda Simalungun Abdul Muis Nasution juga ikut terseret, dan sudah menjalani masa hukuman.

"Penangkapan ini berawal dari informasi tentang aktifitas terpidana yang sebagai dosen di[cut] Universitas Muhammadiyah Jakarta dan warga, dimana terpidana pernah bermukim dikawasan Jalan Kompleks Mabad 60 Nomor D-47 Rt. 002/05, dari kedua lokasi ini didapat informasi keberadan terpidana. Kemudian Tim Intel Kejatisu dipimpin Asintel Kejatisu, Leo Simanjuntak langsung memimpin penangkapan pada Minggu dinihari ditempat kediaman terpidana yang baru di daerah Tanggerang Selatan,"ucap Sumanggar.

Disampaikan Sumanggar,Hasnil merupakan DPO ke-18. Sebelumnya drg Mariane Donse br Tobing juga ditangkap di Kantor Kesehatan Pelabuham Pekanbaru untuk kasus terpidana Vaksin Maningitis untuk Calon Jemaah Umroh Jan 2011 - Juli 2012 Kejari Pekan Baru,yang ditangkap di kawasan Tapanuli Utara,Jumat (27/07/18)

"Total keseluruhan DPO kejaksaan yang telah tertangkap di seluruh Indonesia sebanyak 142 orang,"tutup Sumanggar.
Komentar Anda

Berita Terkini