BNNK Labura : Perlu Dimasukkan Materi Narkoba pada Pembelajaran

author photo

LABUHANBATU UTARA   ~ Upaya pencegahan preventif berkembangnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan sekolah Labuhanbatu Utara, BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) secara kontinue melakukan penyuluhan penyuluhan bahaya narkoba di lingkungan sekolah.

Pada Senin (24/9) pagi dalam penyuluhan di Perguruan Muhammadiyah, Senin (24/9) yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 24 Aekkanopan, SMK Muhammadiyah 3, dan SD Muhammadiyah 2, BNNK Labura menyampaikan agar materi terkait bahaya narkoba dimasukkan pada pembelajaran, disampaikan pada upacara bendera.


Bertindak sebagai pembina upacara, AKBP Khairullah,SH,MH, "Perlunya dimasukkan materi narkoba dalam dalam kurikulum ataupun dalam pelaksanaan ekstra kurikuler dengan maksud agar para siswa dan para guru mewaspadai peredaran narkoba di dalam sekolah maupun terhadap warga sekolah," paparnya.

Dikatakannya, pencegahan berbasis sekolah (school based prevention) mudah dilaksanakan karena sekolah telah terstruktur sehingga lebih memungkinkan melakukan pengawasan.

Menurutnya, pada tingkat SMP dapat disampaikan materi pendidikan kesehatan tentang cara menolak ajakan mengkonsumsi narkoba. Sedangkan pada tingkat SMA dapat disampaikan materi pendidikan kesehatan tentang bahaya penyalahgunaan dan peraturan perundangan-undangan tentang narkoba. Selain itu, pada kegiatan ekstra kurikuler, pihak sekolah dapat menginisiasi dan mengembangkan sekolah sehat.

Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Labura, Feri Irawan, mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih kepada BNNK yang proaktif ke sekolah-sekolah. Dikatakannya, pihaknya juga mengimbau guru-guru agar selalu menjelaskan bahaya narkoba terlebih saat menjadi pembina upacara setiap Senin.

"Materi bahaya narkoba dapat diintegrasikan ke semua pelajaran selama masih memungkinkan. Dapat bersifat tematik," kata Feri.

Kepala SMP Muhammadiyah 24, Edika Syahputra berharap dengan keberadaan BNNK Labura, keberadaan narkoba semakin berkurang atau hilang.

Dikutip dari Hariansyah Labura Siagian Bereni Siahaan
Editor by Redaksi Moltoday.com

Majelis Pustaka dan Informasi PD Muhammadiyah Kabupaten Labura,
Ketua : Hrs, Sekretaris : Dahlia Tanjung SPd, Bendahara : Samsul Bahrie SPd, Anggota Eva Trisnawati SPd, Azit SE

#Sekitarlabura
Komentar Anda

Berita Terkini