DISKOMINFO Pemberangkatan Haji

Belum Lama Menjabat, AKP Antonius Pasta Sitepu.SH Berhasil Mengungkap Sindikat SIM Palsu

author photo

GUNUNGSITOLI   ~ Sat Lantas Polres Nias dibawah kepemimpinan AKP Antonius Pasta Sitepu.SH, akhirnya berhasil mengungkap Pencetak SIM Palsu di Gunungsitoli.

Berawal informasi dari masyarakat yang diterima oleh personel Sat Lantas, adanya pembuatan SIM dan KTP palsu. Unit Turjawali Sat Lantas Polres Nias langsung melakukan Patroli Hunting System, Jum'at (28/9/18) Sekira 15.30 WIB di Jalan Soekarno Gunungsitoli.


Dalam operasi Patroli Hunting System, personel berhasil mengamankan 1 orang yang diduga melakukan pemalsuan SIM dan KTP  inisial MIL (36) warga  Yos Sudarso Gunungsitoli.

Dari hasil pengembangan, kemudian personel Turjawali Sat Lantas Polres Nias memberhentikan 1 (Satu) unit mobil truk yang dikemudikan oleh Inisial JMZ dan setelah dilakukan pemeriksaan surat surat kendaraan, si Sopir inisial JMZ menunjukkan satu lembar yang di duga menyerupai SIM (Surat Izin Mengemudi) alias diduga Palsu Jenis B1, lalu oleh Personil Sat Lantas Polres Nias karena merasa mencurigai SIM si Pengemudi tersebut kemudian Personil Turjawali membawa ke Pos Kota Sat Lantas Res Nias,

Selanjutnya oleh Kanit Turjawali IPDA Hendrik P. Syahputra,S.H, beserta Personil Turjawali melakukan interogasi kepada Supir tersebut. Dari hasil Interogasi didapat info bahwa tempat pembuatan di Fotokopi daerah Saombo. Lalu Kanit Turjawali  beserta Personil menuju TKP dan sesampainya di TKP yg diketahui bernama BASS Fotocopy dan mengamankan 1 (satu) orang operator komputer yg sekaligus pemilik/penyewa toko an. Inisial MIL, dan juga mengamankan :
- 1 unit CPU dan 1 unit monitor,
- 2 KTP asli yg akan dicetak palsu,
- 2 KTP palsu
uang pecahan Rp. 50.000,- sebanyak 24 lbr, uang pecahan Rp. 20.000,- sebanyak 4 lbr, uang pecahan Rp. 10.000,- sebanyak 12 lbr, uang pecahan Rp. 5.000,- sebanyak 18 lbr, uang pecahan Rp. 2.000,- sebanyak 7 lbr.

Selanjutnya supir truk beserta barang bukti di amankan ke Mapolres Nias untuk selanjutnya diserahkan ke fungsi Sat Reskrim Polres Nias untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.**(Yason Gea)
Komentar Anda

Berita Terkini