Media Online Grup

Media Online Grup

Monev Penerapan Aplikasi Wd - Ryb Pakpak Bharat

author photo
Teks foto,
Penerapan aplikasi Pemkab Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT   
~ Walking Doctors- Rakyat dilaYani Bermutu (WD-RYB) merupakan suatu sistem kesehatan yang komprehensif berbasis elektronik yang berisi tentang riwayat kesehatan dan penyakit pasien, alat bantu pengambil keputusan klinis, dashboard serta sistem farmasi dan billing elektronik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang sesuai standart kepada masyarakat.

Bertempat di aula Dinas Kesehatan dilakukan monitoring dan evaluasi penggunaan aplikasi WD-RYB di 7 (tujuh) Puskesmas di Kabupaten Pakpak Bharat, kecuali Puskesmas Sibagindar. Monev dihadiri oleh Bapak Bupati DR. Remigo Yolando Berutu, MBA, seluruh dokter penanggungjawab, admin WD-RYB, Kepala Puskesmas, serta seluruh pejabat struktural dan pejabat pelaksana yang ada di Dinas Kesehatan.

Monev ini bertujuan untuk melihat sejauh mana penggunaan aplikasi WD-RYB di Puskesmas.
Penggunaan WD-RYB dimulai dari ruang pendaftaran, ruang triase, ruang poliklinik/pemeriksaan, ruang laboratorium hingga ruang farmasi/apotik mempercepat pelayanan terhadap masyarakat yang berobat ke puskesmas. Dari penggunaan aplikasi diperoleh bahwa durasi kunjungan semakin cepat serta persentase penggunaan aplikasi WD-RYB pada pasien rawat jalan diperoleh bahwa 4 Puskesmas sudah mencapai 100% , 1 puskesmas 97%, 1 puskesmas 88% dan 1 puskesmas 37%.

Sementara untuk jumlah kunjungan pasien ke puskesmas dan jumlah rekam medis yang di entri ke WD-RYB rata-rata puskesmas sudah memanfaatkan aplikasi WD-RYB.

Aplikasi WD-RYB perlu di upgrade dan update setiap saat dan harus digunakan setiap saat ujar Bapak Bupati dalam bimbingan dan arahan kepada semua peserta. Semoga dengan adanya aplikasi WD-RYB pelayanan kepada masyarakat semakin bermutu dan sesuai dengan standart. Njuah-njuah.**(BM)
Komentar Anda

Berita Terkini