Dirkrimum Polda Jabar Tegaskan Tidak Ditemukan Bukti Penganiayaan Ratna Sarumpaet

author photo
Dok foto Republika.co.id (youtube) Ratna Sarumpaet

JAKARTA
  ~ Berita yang sempat viral dugaan penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet yang membuat warga netizen banyak memberikan komentar pro dan kontra. 

Menanggapi berita yang sempat giral tersebut, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat Kombes Umar Surya Fana menegaskan, tidak ditemukan bukti-bukti dugaan penganiayaan dengan korban aktivis Ratna Sarumpaet di Bandung, Jawa Barat, pada 21 September 2018. Polisi melakukan pengecekan mulai dari rumah sakit hingga CCTV di Bandara Husein Sastranegara, dimana diduga menjadi lokasi penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet.

"Tidak ditemukan bukti-bukti kejadian pengeroyokan dengan korban RS di Jawa Barat. Clear, tidak ada pengeroyokan," kata Kombes Umar saat dihubungi, Jakarta, Rabu (3/10).

Umar mengungkapkan, pihaknya sudah mengecek 26 rumah sakit di Bandung dan delapan rumah sakit di Cimahi untuk mencari rumah sakit yang pernah merawat pasien bernama Ratna Sarumpaet. Namun pihaknya tidak berhasil menemukannya. Selain itu juga tidak ditemukan data manifest kedatangan atau keberangkatan penumpang pesawat atas nama Ratna Sarumpaet pada 21 September 2018.

"Data manifest penumpang pesawat atas nama rumah sakit juga tidak ada," katanya

Kemudian hasil penyelidikan juga menemukan bahwa tidak ada kegiatan konferensi negara asing di Jawa Barat selama 20 hingga 24 September. "Tanggal 20 hingga 24 September tidak ada kegiatan internasional yang melibatkan orang asing di Bandung," katanya.
Umar menambahkan, dari hasil pemeriksaan CCTV di Bandara Husein Sastranegara pada 21 September tidak terlihat keberadaan Ratna Sarumpaet di bandara tersebut. Umar juga mengungkapkan bahwa pada 20 hingga 24 September, Ratna Sarumpaet terdeteksi berada di Jakarta.

"Jadi tanggal 20-24 September, aktifitas mobile-nya ibu itu ada di Jakarta," katanya.

Ratna dikabarkan dikeroyok orang tak dikenal di Bandung, Jabar, pada Jumat (21/9). Foto seseorang yang diduga Ratna beredar di kalangan wartawan dengan bengkak di bagian wajah. Dalam foto tersebut, diduga Ratna berada di sebuah ruangan di rumah sakit.

Sumber: Republika.co.id - Antara
Editing by Redaksi Moltoday.com
Komentar Anda

Berita Terkini