Bank Indonesia Lakukan Penelitian Komoditas/Produk/Jasa Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Kabupaten Pakpak Bharat 2018 | Akurat - Faktual - Elegan Moltoday.com

BPI KPNPA RI

loading...

Bank Indonesia Lakukan Penelitian Komoditas/Produk/Jasa Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Kabupaten Pakpak Bharat 2018

Redaksi author photo
Ket Gbr : Bank BI lakukan penelitian UMKM Pemkab Pakpak Bharat, (Boangmanalu)
Pakpak Bharat,Sumut  -- Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara melakukan Penelitian Komoditas/Produk/Jasa Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Di Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2018.

Wahyu Ario Pratomo, SE., M.Ec, selaku ketua tim menyampaikan penelitian ini dilakukan beberapa tahap. Antara lain : Untuk tahap pertama yaitu pembobotan Tujuan dan Kriteria (FGD), Identifikasi dan Skoring KPJU, Pembobotan Sektor/Subsektor; tahap kedua yaitu Pembobotan KPJU Unggulan; dan tahap ketiga melakukan konfirmasi dan pendalaman KPJU unggulan, serta pembuatan rekomendasi kebijakan, BLC serta Analisis inflasi. Dalam pertemuan tahap pertama ini dihadiri oleh Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM, Bidang Perindustrian, Bidang Perdagangan, Kabag Pembangunan Ekonomi dan Sosial, dan PD. PAL

Dalam sambutannya beliau juga menyebutkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai peluang investasi di kabupaten Pakpak Bharat yang bermuara pada pemberian informasi potensi ekonomi di Pakpak Bharat, hasil penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada stake holder mengenai komoditas/Produk/Jasa Usaha yang potensial yang menjadi unggulan di Pakpak Bharat untuk dikembangkan.

Beliau mengharapkan Kabupaten Pakpak Bharat memiliki KPJU unggulan dari berbagai sektor ekonomi yang patut dan cocok untuk dikembangkan. Dengan program yang lebih focus Pemerintah Daerah dapat memprioritaskan kebijakan ekonomi melalui pengembangan komoditas unggulan tertentu di Kabupaten Pakpak Bharat sehingga upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mengurangi angka/tingkat  kemiskinan di Kabupaten Pakpak Bharat dapat tercapai.

Dalam Forum tersebut peserta memberikan masukan-masukan terkait produk yg potensial untuk dikembangkan sebagai produk unggulan yang antara lain : jagung, Gambir, Kopi Arabika, Padi Sawah, Nilam, Nenas, Kelapa Sawit, Karet, Jeruk, Padi Gogo, Madu dan Kemenyan. selanjutnya hasil penelitian  Komoditas/Produk/Jasa Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2018 ini akan dibuatkan menjadi sebuah Surat Keputusan Bupati Pakpak Bharat tentang Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pakpak Bharat dan diharapkan menjadi rujukan bagi OPD dalam menyusunan program dan kegiatan demi percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pakpak Bharat.**(BM)
Komentar Anda

Berita Terkini