Hari Juang Kartika

Hari Juang Kartika
Hari Juang Kartika

Ibu Ibu Persit KCK Yonif 121/MK Beri Pelatihan Pembuatan Bunga Dari Sabun Kepada Ibu ibu dan Remaja Putri

BERITA MOLTODAY author photo

Moltoday.com-Deliserdang  |Persit KCK Ranting 2 Yonif 121/MK memberikan pelatihan keterampilan pembuatan bunga dari sabun kepada ibu-ibu dan remaja putri yang tergabung di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rijalul Hamdi dari Dusun V Jaharun A dan PKBM Abdur Rahman dari Dusun III Desa Pulau Tagor Baru Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara selama 2 hari pada 28 dan 29 November 2018 bertempat di Aula Yonif 121/MK.

Pelatihan yang dibimbing langsung oleh Ketua Persit KCK Ranting 2 Yonif 121/MK Ny. Tuti Imir Faishal yang didampingi oleh Ny. Eti Saidun Gultom dan beberapa orang ibu-ibu Persit lainnya memberikan pelatihan pembuatan bunga mulai dari penyiapan bahan-bahan hingga proses pembuatan dan hasil akhir yang diinginkan.

Dimulai dari pembuatan adonan yang terdiri dari sabun batang (sabun mandi sesuai warna dan aroma yang diinginkan), lem, tepung maizena, air dan minyak (dapat berupa baby oil). Pertama-tama sabun batang terlebih dahulu diparut hingga halus di dalam suatu wadah, kemudian dimasukkan bahan-bahan lainnya yang telah disiapkan yaitu lem, tepung maizena, air dan terakhir minyak. Kemudian setelah seluruh bahan-bahan tersebut  diuleni (dilumatkan dengan tangan) hingga kalis atau adonan menyatu dan tidak lekat lagi di tangan. Setelah adonan dianggap sudah benar-benar kalis maka adonan siap untuk dibentuk menjadi bermacam-macam bunga, seperti bunga mawar, bunga tulip, bunga lily, bunga kaktus dan bunga-bunga lainnya.

Bunga-bunga yang sudah jadi selanjutnya dapat dirangkai menjadi bunga-bunga hiasan antara lain hiasan bunga meja, hand bouquet, bros dan hiasan dinding serta hiasan-hiasan lainnya di dalam rumah.

Menurut Ny. Tuti Imir Faishal kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan ibu-ibu Persit selama ini yang sengaja ditularkan kepada masyarakat guna mendukung program pemerintah untuk peningkatan ekonomi kreatif masyarakat. Selain itu Tuti juga menambahkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menambah keterampilan ibu-ibu dan remaja putri guna membantu peningkatan kualitas dan kesejahteraan ekonomi keluarga.

“Pelatihan ini sengaja kami tularkan kepada masyarakat dengan berbagi pengetahuan yang kami miliki, dengan tujuan untuk menambah keterampilan ibu-ibu serta remaja putri yang ada di rumah, dan selain itu juga dapat dipasarkan guna menambah penghasilan rumah tangga”, ungkap Tuti.

Beberapa ibu-ibu dan remaja putri yang mengikuti pelatihan baik dari PKBM Rijalul Hamdi maupun dari PKBM Abdur Rahman begitu antusias dan berterimakasih atas pelatihan yang diberikan oleh ibu-ibu Persit KCK Yonif 121/MK, hal tersebut terbukti dari kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari menghasilkan beberapa hiasan bunga yang cukup menarik dan layak dipasarkan.***(Bern-Red)
Komentar Anda

Berita Terkini