Moltoday

Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Kodim 0713/Brebes

Redaktur author photo

Brebes   |Dalam upaya meningkatkan kemampuan Aparat Teritorial, Kodim 0713/Brebes melaksanakan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa tersebar Tahun 2018 yang di buka oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, S.E. di Aula Jenderal Sudirman Kodim 0713/Brebes.

Sedikitnya 97 prajurit Danramil dan Babinsa mengikuti kegiatan tersebut selama tiga hari dengan menghadirkan para narasumber baik dari unsur Pemda, BPBD, Polres, KPUD, Dinas Pertanian sampai dengan Para Perwira Kodim yang ditunjuk, tema pada kegiatan ini “Profesionalisme Danramil dan Babinsa Untuk Rakyat”, Selasa (04/12/2018).

Dandim dalam sambutannya menyampaikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan ditingkat Koramil khususnya para Babinsa sebagai pelaksana Binter di tingkat Desa, maka dilaksanakan apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2018 ini merupakan sarana untuk menyampaikan informasi hasil Apel Danrem dan Dandim terpusat yang dilaksanakan di Pussenif Kodiklat TNI AD beberapa waktu lalu. 

Dalam kegiatan ini ada beberapa penekanan yang disampaikan mulai dari Presiden RI sampai para Menteri pada apel Danrem dan Dandim di Pussenif Bandung selama 4 hari, diantaranya : Dari Presiden RI mengapresiasi kepada Babinsa karena Babinsa sebagai ujung tombak diharapkan Babinsa jangan kendor dan harus tingkatkan dalam pelaksanaan tugas. 

'Tentang berita Hoax menjelang Pemilu yang di sengaja maupun tidak disengaja. Kegiatan tersebut untuk memecah konsentrasi menjelang pemilu. Dengan cara menyebar berita menghujat dan kebencian sehingga diharapkan para Babinsa harus bisa berbuat bijak untuk mengatasi permasalahan tersebut,"kata Dandim

Lanjut Dandim, dalam pelaksanaan Pemilu nanti diharapkan seluruh anggota TNI untuk menjaga Netralitas TNI dan  tentunya tidak ada bedanya apel Danrem, Dandim dan Danramil serta Babinsa intinya untuk menyamakan persepsi sehingga diharapkan peserta apel Danramil dan Babinsa bisa memahami materi yang akan diberikan.

"Laksanakan tugas Binter dengan konsep dan peran yang optimal sehingga dapat membantu penyelenggaraan dan fungsi pemerintah daerah yang pada muaranya dapat mendukung kesejahteraan masyarakat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan yang timbul sehingga dapat terpelihara stabilitas keamanan di wilayah", pintanya. 

“Ke depan kita akan Menghadapi Pesta Demokrasi Pilpres dan Pileg tahun 2019, Netralitas TNI dan jaga pertahankan sinergitas TNI-Polri, Pemda dan Tokoh Masyarakat dan pada apel Danramil dan Babinsa ini guna untuk menyamakan Visi dan Misi supaya tidak ada yang berbeda,” pungkasnya.

Pada Apel kali ini Kodim 0713/Brebes menjadwalkan materi-materi yang langsung menyentuh tugas Danramil dan Babinsa dilapangan, adapun pada hari pertama ini digelar beberapa  materi seperti, Lima Kemampuan Teritorial oleh Danramil 01/Brebes Kapten Inf Nurhadi, Pilkada serentak Tahun 2018 oleh KPUD, Netralitas TNI oleh Danramil 12/Bantarkawung Kapten Arm Zaenal Abidin, Metode Binter oleh Danramil 15/Ketanggungan Kapten Inf Sugeng W.

Menurut penyelenggara kegiatan Apel Pasi Terdim 0713/Bbs Kapten Arh Nediono, mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari mengingat materi yang cukup banyak sehingga perlu waktu tiga hari agar semua materi yang disajikan dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh prajurit. (Leo)

Komentar Anda

Berita Terkini