Moltoday

Selain Bantai Puluhan Pekerja, KKSB Juga Serang Pos TNI

BERITA MOLTODAY author photo

Moltoday.com - Papua |Pos penjagaan Tentara Nasional Indonesia Distrik Tingginambut Puncak Jaya Papua Kabupaten Nduga, Papua pada Senin (03/12) telah diserang Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dengan menembaki pos penjagaan.



"Memang betul ada laporan tentang penyerangan terhadap Pos TNI di Mbua yang dijaga anggota Yonif 755. Yang diserang kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) hingga menewaskan satu anggota TNI," kata Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, kepada Antara di Jayapura, Selasa (4/12).

BACA JUGA : Kadiv Humas : Polisi Akan Kejar dan Tindak Tegas Kelompok KKB


Dari data yang berhasil dihimpun, penyerangan dan penembakan terjadi, saat sejumlah personel yang bertugas di Pos TNI di Tingginambut, berpatroli di sekitar pos. Lantas, sekelompok bersenjata yang jumlahnya dari 20 lebih orang menyerang dengan menembaki pos TNI. Akibatnya, satu dari 7 anggota TNI dari Yonif 755 Kostrad dilaporkan tewas tertembak.

BACA JUGA : Puluhan Pekerja Jembatan Trans Papua Dibunuh Kelompok KKB

Letkol Dax belum mau menyebut identitas anggota TNI yang tewas terkena peluru kelompok pemberontak itu. Dia mengatakan kini pos tersebut sudah diperkuat setelah pasukan gabungan TNI/Polri dari Wamena tiba.

Belum diketahui secara pasti, namun diduga pos TNI Mbua diserang kelompok pemberontak yang saat itu sedang mengejar dua orang pekerja jembatan di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, yang kabur ke Distrik Mbua. Personel TNI berupaya bertahan dengan mengeluarkan tembakan balasan. Kelompok bersenjata lalu berhasil dipukul mundur dan kembali masuk hutan.

INFORMASI LAPANGAN DI MBUA (WA Grup Info PERS Internasional)

Hari Selasa tgl. 4 Desember 2018
a. Pukul 11.11 WIT pos TNI 755 mbua telah dikuasai oleh Tim Nanggala (Kopassus) sbb:
- pos 755 dalam kondisi kosong, dan terdapat bercak darah serta selonsong ammo
- munisi 150 butir 5,56 mm
- sangkur pindad 2 set, dan aitor 8 set.
- 3 unit HP dan repeater.
- beberapa pakaian PDL dan kap perorangan.
- uang sebesar Rp.150.000
- pers Nanggala dalam keadaan aman dan lengkap serta sdg melaksanakn pengamanan.

b. pukul 12.30 Wit, AKP Zacharia Asgar melaporkan situasi Via HP Satelit dengan posisi CO. 54M 222718 9530131 telah bertemu rombongan pers TNI sebanyak 21 orang satu diantaranya terkena luka tembak di tangan.
- Sementara 1 pers TNI yang MD ditinggalkan karena sudah tidak mampu untuk di bawa.

c. Perkembangan Tim Satgas Gakkum OPS Nemangkawi Dpp AKP Zacharia Asgar pada pukul 14.00 Wit, berposisi di CO. 54M 221441 9531388
Temuan sbb :
  1. Saat bertemu dengan pers TNI 21 orang selanjutnya melakukan parameter pengamanan karena ada informasi pers TNI tersebut di kejar oleh 2 orang anggota KKB bersenjata.
  2. Saat melakukan parameter, Tim sempat mendengar 2 kali bunyi tembakan dari sebelah kanan. Selanjutkan Tim melakukan tembakan balasan dgn bergerak maju. 
  3. Pada CO 54M 221441 9531388 Tim telah berhasil menemukan Jenazah pers TNI yang MD yang di tinggalkan selanjutnya di bawa kembali ke Pos TNI Mbua.
Editor : Redaksi - Leo
Sumber : Kabarindong.com
               WA Grup Info PERS Internasional

Komentar Anda

Berita Terkini