Apresiasi...Kinerja Polda Kalbar Dinilai Baik Masyarakat Kalbar

author photo

Siaran Pers, Rabu (05/12/18)
Moltoday.com - Pontianak |Tantangan kedepan begitu berat bagi jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Mengapa? Karena, masyarakat di wilayah ini percaya kepada pihak kepolisian dalam berbagai hal. Tentu, hal itu tidak mudah sebuah kepercayaan.


Komitmen menuju perbuahan adalah hal mutlak. Sebab, menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum adalah sebuah keharusan jajaran kepolisian.

Baru-baru ini, Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, melakukan survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat kepada penyelenggaraan pelayanan publik terhadap Kepolisian Daerah  Kalimantan Barat. Dari hasil survei ini, Kepolisian Daerah  Kalimantan Barat dinilai baik dalam setiap aspek.

Adalah Dr. Herry Sujaini ST. MT. Dia merupakan Ketua Tim Survei, sekaligus menjabat Kepala UPT TIK UNTAN.  Dia  memaparkan berdasarkan survei indeks kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polda Kalbar tahun 2018, dinilai dari empat aspek, yaitu aspek penegakan hukum, aspek pemeliharaan kamtibmas, aspek pelayanan publik, dan aspek pelayanan masyarakat.

“Adapun hasilnya, dalam aspek penegakan hukum persentasenya adalah 77,79% yang mana hasilnya Baik, aspek pemeliharaan kamtibmas persentasenya adalah 76,19% juga Baik, aspek pelayanan publik adalah 78,50% juga Baik, dan aspek kepercayaan masyarakat adalah 79,53% juga Baik. Dengan rata rata penilaian dari setiap aspek persentasenya adalah 77,61% dengan nilai Baik,” kata Dr. Herry Sujaini, Rabu, 5 Desember 2018 di Kota Pontianak.

Dr. Herry Sujaini, ST. MT menjelaskan, survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat ini adalah kegiatan riset yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura Pontianak yang didasari atas keingintahuan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH terhadap hasil kinerjanya dan jajaran.

“Universitas Tanjungpura dipilih oleh Kapolda Kalbar untuk melakukan riset ini. Survei ini adalah kegiatan riset atau penelitian, yang didasari dengan keingintahuan Bapak Kapolda terhadap hasil kinerja beliau dan jajarannya,” ucapnya menjelaskan.

Sementara itu, menurut Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, hasil riset Universitas Tanjungpura Pontianak  dapat dijadikan pola belajar bersama. Tak hanya itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, juga  menyambut baik dan mengapresiasi atas kegiatan survei kepuasan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada kepolisian Kalimantan Barat tersebut.

“Survei ini dapat dijadikan referensi serta sumber informasi dan acuan bagi kepala kesatuan di tingkat Polres dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi,” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, pengukuran survei kepuasan masyarakat ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja aparatur di Polda Kalimantan Barat dan Polresta jajaran Polda Kalbar dalam rangka pelayanan publik yang berkualitas.
Selain itu dapat diketahui pula tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas yang ada di Polda Kalimantan Barat dan Polresta jajaran Polda Kalbar.

“Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan inisiasi Polda Kalimantan Barat dengan menggandeng kemitraan yaitu tim dosen dari Universitas Tanjungpura yang telah memiliki kredibilitas di bidang akademis,” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersedianya data dan informasi tentang persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas di lingkungan Polda Kalimantan Barat dan Polresta jajaran Polda Kalbar yang dilaksanakan oleh aparatur di tiap unit kerja.

“Selaku pimpinan Polda, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peneliti yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh. Semoga hal ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat bagi semua pihak,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Selain itu terkait hasil dari survei tersebut, maka pihak kepolisian akan menerima dengan baik apapun hasil yang diberikan demi kebaikan instansi Kepolisian kedepannya.

Untuk informasi, kegiatan Diseminasi survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Daerah Kalimantan Barat ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Tanjungpura Dr. Aswandi, para pejabat utama Polda Kalbar, para mahasiswa Universitas Tanjungpura serta tamu undangan.

Humas Polda Kalimantan Barat
___________
[ informasi di atas ditulis, diramu, dikemas oleh Kepala Urusan Liputan Produksi Dokumentasi (Lipprodok) Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Cucu Safiyudin  S.Sos SH  MH ]
Komentar Anda

Berita Terkini