Survey Universitas Tanjungpura, Polda Kalbar Dinilai Baik Dalam Setiap Aspek

author photo


Moltoday.com - Pontianak |Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono hadir dalam kegiatan Diseminasi survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di Hotel Orchard, sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (5/12).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Tanjungpura Dr. Aswandi, Ketua Tim Survei Dr. Herry Sujaini, ST. MT beserta anggotanya, para pejabat utama Polda Kalbar, para mahasiswa Universitas Tanjungpura, serta tamu undangan.

Membuka kegiatan tersebut, Ketua tim survei, Dr. Herry Sujaini, ST. MT mengatakan bahwa survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat ini adalah kegiatan riset yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura Pontianak yang didasari atas keingintahuan Kapolda Kalbar terhadap hasil kinerjanya dan jajaran.

"Universitas Tanjungpura dipilih oleh Kapolda Kalbar untuk melakukan riset ini. Survei ini adalah kegiatan riset atau penelitian, yang didasari dengan keingintahuan Bapak Kapolda terhadap hasil kinerja beliau dan jajarannya," ujar Ketua Tim Survei Dr. Herry Sujaini, ST. MT.

Selanjutnya, Kapolda Kalbar juga menyambut baik dan mengapresiasi atas kegiatan survei kepuasan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada kepolisian Kalimantan Barat tersebut. Ia berharap survei ini dapat dijadikan referensi serta sumber informasi dan acuan bagi kepala kesatuan di tingkat Polres dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi.

Pengukuran survei kepuasan masyarakat ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja aparatur di Polda Kalimantan Barat dan Polres/Ta jajaran Polda Kalbar dalam rangka pelayanan publik yang berkualitas. Selain itu dapat diketahui pula tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas yang ada di Polda Kalimantan Barat dan Polres/Ta jajaran Polda Kalbar.

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan inisiasi Polda Kalimantan Barat dengan menggandeng kemitraan yaitu tim dosen dari Universitas Tanjungpura yang telah memiliki kredibilitas di bidang akademis.

Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersedianya data dan informasi tentang persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas di lingkungan Polda Kalimantan Barat dan Polres/Ta jajaran Polda Kalbar yang dilaksanakan oleh aparatur di tiap unit kerja.

"Selaku pimpinan Polda, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peneliti yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh. Semoga hal ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat bagi semua pihak," ujar Kapolda Kalbar.

Selain itu terkait hasil dari survei tersebut, Kapolda Kalimantan Barat mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menerima dengan baik apapun hasil yang diberikan demi kebaikan instansi Kepolisian kedepannya.

Selanjutnya, untuk pemaparan hasil survei, dipimpin oleh Ketua Tim Survei Dr. Herry Sujaini, ST. MT. Berdasarkan survei tersebut, indeks kepuasan dan kepercayaan masyarakat tahun 2018, dinilai dari empat aspek, yaitu aspek penegakan hukum, aspek pemeliharaan kamtibmas, aspek pelayanan publik, dan aspek pelayanan masyarakat.

Adapun hasilnya, dalam aspek penegakan hukum persentasenya adalah 77,79% yang mana hasilnya Baik, aspek pemeliharaan kamtibmas persentasenya adalah 76,19% juga Baik, aspek pelayanan publik adalah 78,50% juga Baik, dan aspek kepercayaan masyarakat adalah 79,53% juga Baik. Dengan rata rata penilaian dari setiap aspek persentasenya adalah 77,61% dengan nilai Baik.***(Red)
Komentar Anda

Berita Terkini