OPM Tembaki Pasukan TNI/POLRI Saat Evakuasi Korban Tewas

author photo
Dok foto : Medanseruinfo
Moltoday.com  - Wamena |TNI/Polri telah berhasil menemukan 16 korban tewas akibat kebiadaban OPM. Ke 16 jenazah tersebut ditemukan di beberapa titik di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Tetapi Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya terus mengganggu proses evakuasi 16 korban tewas di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga dengan tembakan sporadis, Kamis pagi (6/12/2018).

Kolonel Infanteri Jonathan Binsar Sianipar Danrem 172/PWY menjelaskan TNI/Polri masih berupaya untuk mengevakuasi ke 16 jenazah dari Yigi ke Mbua. “Proses evakuasi memang tidak mudah karena personel masih diganggu dan sekarang masih terjadi kontak tembak di Yigi. Jika sudah terkumpul baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal akan dievakuasi menggunakan helikopter karena kami mendapat kabar ada karyawan Istaka Karya yang ditemukan dalam keadaan selamat,” sebut Danrem kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).
Danrem mengatakan, saat ini tim di lapangan baik di Yigi maupun Mbua telah menyiapkan segala sesuatunya untuk keperluan proses evakuasi, seperti alat elektronik, kantung jenazah termasuk operator alat berat.

Sementara Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan, berdasarkan informasi di lapangan memang terjadi gangguan tembakan dari pihak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau OPM saat pengumpulan ke 16 jenazah di Yigi, namun masih bisa diatasi oleh pasukan gabungan di lapangan.
“Jika situasinya sudah aman dan memungkinkan ke 16 jenazah termasuk korban selamat akan dievakuasi menggunakan empat helikopter yang ada dari Yigi ke Bandara Mbua. Ya mungkin akan dilakukan beberapa kali sorti untuk membawa mereka ke Mbua,” ucap Wakapendam kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).(Medanseruinfo-Red)
Komentar Anda

Berita Terkini