Hari Juang Kartika

Hari Juang Kartika
Hari Juang Kartika

Warga Sei Belutu Apresiasi Musrenbang Desa Sei Belutu TA.2019

BERITA MOLTODAY author photo

Moltoday.com- Sergei |Musrenbangdes atau Musrenbangdesa adalah forum musyawarah tahunan stakeholders desa (pihak yang berkepentingan untuk mengatasi permasalahan desa dan pihak yang akan terkena dampak hasil musyawarah) untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran berikutnya


Musrenbang desa dilaksanakan dengan memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah desa, kinerja implementasi rencana tahun berjalan serta masukan dari nara sumber dan peserta yang menggambarkan permasalahan nyata yang sedang dihadapi.

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk membahas Rencana Kegiatan Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2019 serta Penyusunan Daftar Usulan RKPDes Tahun 2020. Hal ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara , Kami  (6/12) di Kantor Desa Sei Belutu.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh Camat Sei Bamban bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam), Pemerintah Desa Sei Belutu, BPD, LPM bersama masyarakat Desa Sei Belutu

Camat Sei Bamban Jarmen Sijabat  mengatakan, musrenbangdes merupakan salah satu tahap dari serangkaian proses perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk RKPdes 2019. Proses perencanaan pembangunan telah dimulai sejak dari Musrenbang Desa.

” Proses usulan pembangunan harus sudah masuk daftar prioritas dari masing masing wilayah yang telah disepakati, kemudian dipilih agar dapat disetujui melalui Musrenbangdes kemudian dalam musrenbangdes akan dipilih mana yang menjadi usulan prioritas yang akan dibawa dalam Musrenbangkec,” ungkap Camat.

Jarmen menambahkan usulan prioritas Kabupaten dan prioritas Provinsi perlu mendapat persetujuan masyarakat desa dalam hal ini adalah Pemerintah Desa Tokoh masyarakat yang mewakili. Seandainya masih terdapat program/kegiatan yang merupakan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten pasca pelaksanaan Musrenbang Desa akan diakomodasi/dimuat dalam dokumen KUA dan PPAS dengan tetap memperhatikan pencapaian Visi dan Misi Desa Sei Belutu.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Sei Belutu Amran Sinaga menyatakan bahwa Musrenbangdes yang dilaksanakan kali ini untuk menyusun RKPdes 2019 mendatang sebagai pedoma kegiatan lanjutan pembangunan dalam desa.

“Ini merupakan forum musyawarah untuk membahas Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa Sei Belutu,” ucapnya.

Kegitan ini di apresiasi oleh warga Sei Belutu dimana melalui kegiatan ini salah satu cara melakukan pemerataan pembangunan desa dengan kesepakatan bersama pemerintah Desa dengan Warga.

"Musrabangdes kali ini sangat kami apresiasi, pada kesempatan ini kami warga berkesempatan untuk menyampaikan keluhan untuk majunya pembangunan di dalam desa. Kami masyarakat siap mendukung dan menyukseskan kegiatan pembangunan didalam desa," tutur warga E.Samosir. (Mend)
Komentar Anda

Berita Terkini