Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-15 Kabupaten Sergai, Diwarnai dengan Penyerahan Satya Lencana

author photo

Sergai    lBupati Ir H Soekirman menggelar Upacara untuk memperingati Hari Jadi ke-15 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Sepak Bola Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai Propinsi Sumatera Utara Jumat, (4/1).

Dalam sambutannya, Bupati Soekirman mengajak seluruh komponen penyelenggaraan Pemerintahan dan masyarakat menjadikan peringatan hari jadi Kabupaten Sergai sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pembangunan yang dilakukan secara merata dengan menitik beratkan pada pembangunan desa sebagai salah satu wujud agenda nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Dalam hal ini desa merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah wilayah pemerintahan yaitu sebagai pondasi pembangunan di pemerintahan daerah. Oleh karena itu membangun perekonomian desa sehingga memiliki tingkat daya saing yang baik adalah program prioritas di Kabupaten Sergai. Ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat, pembangunan perekonomian daerah, peningkatan pariwisata, pelestarian budaya dan kearifan lokal dapat ditingkatkan melalui desa sebagai poros kekuatan pemerintah paling bawah.

“Dengan tema hari jadi ke-15 ini ” Membangun Perekonomian Desa yang Berdaya Saing Untuk Mewujudkan Serdang Bedagai Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Sumut Bermartabat, Di tahun milenial yang serba digital ini, pembangunan desa bukan lagi hanya berbicara tentang pertanian saja, tapi juga pembangunan di sektor lain seperti  pariwisata, UKM, teknologi tepat guna, dan lain-lain dengan mengedepankan pembangunan yang berbasis kualitas SDM pemanfaatan media dalam jaringan,”Ujarnya.

Lanjut Bupati, Kabupaten Sergai telah mengupayakan pembangunan secara modern dengan keberadaan inovasi aplikasi online dimana salah satunya adalah aplikasi Sistem Informasi Desa (SID). Pembangunan yang terus meningkat di Kabupaten Sergai juga dapat dibuktikan dengan peraihan prestasi Kabupaten baik di tingkat lokal, provinsi maupun nasional.

“Prestasi yang diraih Pemkab Sergai antara lain, Penghargaan Goverment Award tahun 2018 dengan kategori Ketahanan Pangan di Jakarta, Penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2018 di Sulawesi Utara, Pengahargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tingkat Madya di Jakarta, enam besar Kecamatan terbaik Provinsi Sumut. Selanjutnya pada bulan Desember tahun 2018 sesuai dengan surat Ketua Ombudsman RI Nomor 2429/ORI/SRT/XII/2018 tanggal 5 Desember 2018 perihal hasil penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik ditahun 2018. Pemerintah Kabupaten Sergai berhasil memperoleh piagam penghargaan predikat kepatuhan tinggi tahun 2018 dengan predikat zona Hijau dari Ombudsman RI di Jakarta,”pungkasnya.

Harapannya diusia yang ke-15 ini, Kabupaten Sergai dapat menjadi Kabupaten yang berdaya saing tinggi dan memiliki kontribusi yang besar bagi terlaksananya tatanan kepemerintahan bangsa Indonesia yang baik. Saya mengajak kepada kita semua untuk dapat mewarnai Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, dengan implementasi dan pengembangan budaya lokal yang memiliki nilai-nilai luhur dalam setiap kegiatan yang kita lakukan,” pungkas Soekirman Bupati Sergai.

Peringatan hari jadi ke-15 Kabupaten Sergai diwarnai dengan penyerahan Satya Lencana, penyerahan ASN terbaik dan penyerahan sertifikat UKW bagi wartawan yang dinyatakan kompeten.

Turut hadir pada Upacara tersebut Selain Bupati Ir H Soekirman, dihadiri unsur Forkopimda, Wabup H. Darma Wijaya, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan serta seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sergai. (Mend)
Komentar Anda

Berita Terkini