152 Penerjun Paskas termasuk 17 Wara Terjun Payung Stastik dan Free Fall di Lanud Soewondo Medan

author photo

Dilaporkan Redaksi Moltoday.com
Leo Depari

MEDAN,MOLTODAY.COM  |152 Prajurit Paskhas dengan menggunakan pesawat Hercules C-130, melakukan terjun payung penyegaran (Jungar) statik dan Free fall  pada Rabu (6/2/19) di Drop Zone Lanud Soewondo Medan.


Kegiatan terjun payung tersebut dilaksanakan dua (2) tahap penerbangan  , sortie pertama penerjunan statik oleh 82 personel, sortie kedua 70 personel,  yang langsung di pimpinan oleh Danwing III Paskhas  Kolonel Pas Bambang Hariyono.

Ribuan  masyarakat beserta para anak sekolah didampingi gurunya  turut hadir memeriahkan acara kegaitan terjung payung di Lanud Soewondo  tersebut .

Salah seoang anak sekolah dasar dari salah satu sekolah di Medan bernama “ Ardi “ saat ditanya mengaku datang ke Lanud Soewondo untuk melihat atraksi terjun payung , dirinya mengaku bahwa belum pernah melihat atraksi terjung payung makanya dia datang untuk melihatnya .

Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Bambang Hariyono  sesaat setelah Mendarat di Drop Zone mengatakan “ bahwa pelaksanaan Jungar tersebut, merupakan agenda rutin latihan yang secara bertahap, bertingkat , berkelanjutan dan berkesinambungan dengan tujuan untuk melaksanakan penyegaran bagi para prajurit yang mempunyai kualifikasi terjun statik.

“Selain  itu, terjun statik maupun Free Fall ini juga dilaksanakan untuk memelihara kemampuan tempur sebagai prajurit para komando , sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan operasi dan latihan serta tugas yang diembannya baik pada Operasi Militer Perang , maupun Operasi Militer Selain Perang“  sebut AKABRI alumni 93 ini .

Sesaat sebelum melaksanakan terjun statik dan free fall , prajurit harus terlebih dahulu  memenuhi kualifikasi , salah satunya yakni  umur tidak boleh lebih dari 50 Tahun,  Serta dalam kondisi sehat prima pada saat akan melakukan terjun

Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Bambang Hariyono menambahkan bahwa selain terjung payung pada pagi hari , kegiatan tersebut juga akan  dilaksanakan pada malam ini (6/2/19)  sekira  Pukul 19.00 WIB (Malam )  dengan titik muat di Bandara Kuala namu Deli Serdang.

Penerjun Free Fall anggota Wara ( wanita angkatan udara ) Sertu Ria Wiyanti  mengatakan “ ia bersama 16 rekannya  yang merupakan atlit free fall  TNI angkatan udara , Saat ini  melakukan latihan penerjunan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi lomba terjun baik di event nasional maupun internasional.

Kata Sertu Ria didampingi Serda Ase (Penerjun Wanita) dan 15 kru penerjun wanita lain nya mengatakan“ Hari ini kami melakukan terjun “free fall” bersama 16 orang rekan saya di sini, selain latihan terjun payung kami juga berlatih untuk  penyegaran bagi para prajurit yang mempunyai kualifikasi terjun statik sebutnya mengakhiri sembari menyebutkan yel yel mereka .

Ditempat yang sama “ Komandan Lanud Soewondo “ Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey ketika di jumpai awak media di sela sela kegaitan terjun payung tersebut  mengatakan, mendukung kegiatan tersebut serta mempersiapkan pelaksanaan kegiatan penerjunan penyegaran dari Paskhas yang tiap tahun telah dilakukan. Kami tentunya telah mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kegiatan ini mulai dari tenaga medis dan lain sebagainya guna mensukseskan kegiatan penerjunan ," ungkapnya .

Editor : Redaksi Moltoday.com
Komentar Anda

Berita Terkini