Fenomena Alam Langka Gunung Galunggung

author photo
Publisistik :Andri Ardiansyah 
Editor : Andri, Redaksi

Tasikmalaya, Moltoday.com | Hujan yang mengguyur Tasikmalaya mengakibatkan banjir dimana-mana. Bahkan pada Kamis sore (28/3/2019) sekira pukul 15.00 Wib, tampak air terjun dadakan turun ke kawah Gunung Galunggung. Warga pun keluar rumah menyaksikan fenomena langka itu. Apalagi sebelumnya hampir dua desa di Sukaratu yang berdekatan dengan Galunggung terkena banjir bandang.[cut]

VIDEO


Warga Kampung Batu Bulu, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Fahmi Muzaki mengatakan tidak diketahui pasti kapan air dari bukit Galunggung keluar. 

Dari kejauhan, kata dia, nampak seperti air terjun yang turun langsung ke Kawah Galunggung. Fahmi pun bersama warga lain terus memantau derasnya air tersebut karena khawatir meluber menerjang perkampungan.

Petugas jaga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Galunggung, Yudi membenarkan adanya air deras yang turun dari tebing barat daya Gunung Galunggung.
Akan tetapi, ujarnya, kejadian tersebut sudah lama tapi terlihat jelas sekarang karena derasnya air akibat hujan yang terus mengguyur.

"Memang betul ada air yang turun dari tebing barat daya. Tapi itu sudah lama yang kemungkinan pengerusan dinding oleh aliran air dari kawah guntur yang berada diatas dinding galunggung," kata Yudi, Kamis (27/3/2019).

Yudi pun mengimbau agar tidak ada yang turun ke kawah karena potensi longsor sangat tinggi. "Kalau air berdampak ke pemukiman saya rasa kecil sekali karena air tidak langsung masuk ke sungai-sungai disekitar galunggung," tuturnya.
Komentar Anda

Berita Terkini