Forum Merdeka Barat 9 Bahas Perdagangan Antar Daerah Di Sumatera Utara.

author photo


Publisistik : A.1.Red
Editor : Amsari/Redaksi

Medan,Moltoday.com  |Perdagangan Antar Daerah dari 34 provinsi di Indonesia, selain komplek juga memiliki peran sangat besar pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) mencatat kinerja perdagangan antar daerah terus meningkat dari tahun ke tahun.[cut]

Untuk itu provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada perdagangan antar daerah,  mengadakan acara diskusi bersama dengan seluruh awak media yang bertugas di unit PemprovSU, dalam hal ini di prakarsai oleh Forum Merdeka Barat 9, di Ruang Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara Jl Diponegoro, Rabu (19/3).

Hadir dan menjadi Nara Sumber dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 ini antara lain, Prof. Dr. Rully Indrayani M.Si Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop UKM,R.Sabrina M. Si Sekda ProvSU, Dr.Iskandar Simorangkir Deputi Bidang Kordinasi Ekonomi.[cut]

"Provinsi Sumatra Utara terdiri dari 25 Kabupaten dan 8 Kota dengan 440 Kecamatan dan 612 Desa/Kelurahan, yang mempunyai beberapa daerah unggulan. Seperti Pantai Timur, daerah ini memiliki lahan yang subur dan infrastruktur yang baik untuk menunjang kegiatan ekonomi di daerah tersebut ", ucap Sabrina.

Pantai Barat lanjut Sekda ProvSU, "Daerah ini juga memiliki potensi yang sangat besar di bidang perikanan, dimana daerah ini memiliki pelabuhan Sibolga.Pelimbungan Ketek yang menjadi infrastruktur dalam memajukan nilai ekonomi,disamping kepulauan Nias yang memiliki keanekaragaman budaya dan kearifan lokalnya. Demikian juga Pantai Timur, mempunyai daerah dan infrastruktur yang hampir sama dengan pantai barat, mampunyai daerah pesisir laut dengan potensi hasil perikanannya", terangnya.

Sumatra Utara hingga saat ini memiliki produk unggulan seperti, Industri Kelapa sawit (CPO), Industri Karet/Barang Dari Karet, Industri Kakao Dan Coklat, Industri Kopi, Industri Hasil Laut, Industri Barang Ulumunium, Industri Kecil Dan Menengah. Saat ini Sumatera Utara sudah memiliki 930 koperasi yang siap bekerja sama dengan pemerintah daerah Sumatera Utara, di dalam memajukan perdagangan antar daerah", ucap Sabrina.

Detempat yang sama, Rully dan Iskandar dua dari tiga nara Sumber yang hadir sepakat mengatakan bahwa,  "Perdagangan antar daerah harus memiliki infrastruktur baik darat maupun udara yang bagus. Disamping itu juga, daerah perdagangan yang maju harus memiliki Koperasi yang sehat dalam melayani dan mengelola hasil produk masyarakat  setempat.Untuk itu tugas mass medialah yang harus menginformasikan ke masyarakat agar memberi kepercayaan kepada Koperasi, untuk mengelola hasil dari perdagangan antar daerah tersebut", ucap mereka.
Komentar Anda

Berita Terkini