Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemkot Binjai kerjasama latih pelaku UKM-IKM

author photo
Ket foto :
Walikota Binjai Muhammad Idaham menyaksikan hasil produksi UKM dan IKM setempat.

Publisistik : Edy Sjahril
Editor : Edy/Redaksi
  
Binjai,Moltoday.com  | Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan kerja sama dengan Pemkot Binjai terkait pelatihan Usaha Kecil menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Kepala Balai Pelatihan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Ketenagakerjaan, Khairul Fadli Harahap, di Binjai, Senin (18/3), mengatakan, dipilihnya Kota Binjai sebagai tempat pelatihan, karena dinilai memiliki posisi UMKM dan IKM yang berkembang untuk kedepannya.

Apalagi kepala daerah setempat sangat berkomitmen untuk membangun perekonomian masyarakat.

"Saya menilai Wali kota benar-benar komit untuk membangun perekonomian real. Artinya beliau konsisten dan fokus terhadap perkembangan ekonomi real dari sektor UKM dan IKM. Kita juga sangat berharap UKM dapat dikembangkan menjadi perusahaan besar disini," katanya.

Sementara Wali kota Binjai Muhammad Idaham menyampaikan saat ini Pemkot Binjai juga telah menyiapkan satu kolaborasi untuk peningkatan UKM dan IKM diantaranya melakukam kerjasama dengan Buka Lapak, PT Bank Sumut dan Bank Indonesia.

"Hanya dengan kolaborasi kita akan mampu untuk bersaing. UMKM membutuhkan modal dan permodalan akan disediakan oleh PT Bank Sumut dengan pemberian kredit usaha ringan," pungkasnya.

Lanjut,selain itu pihaknya juga akan menggandeng Bank Indonesia (BI), karena BI memiliki beberapa program untuk meningkatkan kualitas, baik pembinaan, pendampingan, dan penyediaan bahan atau alat-alat yang diperlukan para pelaku UMKM.

"Satu hal yang penting, kita juga telah bekolaborasi dengan salah satu market place terbesar di Indonesia yakni Buka Lapak, sebagai tempat memasarkan produk," ujarnya.
Komentar Anda

Berita Terkini