Tokoh Muda Nias Apresiasi Walikota Gunungsitoli, Menampilkan Tari Asal Mula Ono Niha di PUPR

author photo

Published : Moltoday.com

Nias,Moltoday.com  |Nias, 23 Maret 2019, Suar Natal Waruwu, A.Md alias AmaAnggi  Masyarakat Nias dan Tokoh Muda Kota Gunungsitoli apresiasi terobosan dan prestasi Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua serta dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Tuan Rumah pada Pekan Raya Sumatera Utara( PRSU)kegiatan Sendra Tari Legenda Asal Mula Ono Niha.

Suar Natal Waruwu menambahkan, dukungan penuh serta peran serta pemko dalam pelestarian dan promosi budaya Nias sangat kita banggakan, beberapa penilaian saya kultur budaya yang dilestarikan Pemko Gunungsitoli : mengadakan lomba seni tari tradisional, sanggar seni, tarian heroik pada pesta yaahowu, tari kreasi tradisional Nias, pertahankan budaya dan pariwisata. Saya berharap sebagai masyarakat,pemuda dan pimpinan organisasi kemasyarakatan,mari mendukung walikota Gunungsitoli atas prestasi dan kinerja yang telah dicapai,  urainya.

Bapak Viktorius Gea, S.Kom Kabag Humas Kota Gunungsitoli  menjelaskan Sendra tari asal mula “Ono Niha” akan dilaksanakan dan ditampilkan 31 Maret 2019 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang ke 48 di Medan, Sumatera Utara. Pagelaran budaya tersebut oleh kontingen Kota Gunungsitoli  di Panggung Keong PRSU, paparnya.

Sambungnya,  Pemerintah Kota Gunungsitoli akan menjadi Tuan Rumah PRSU ke-48 di Medan Sumatera Utara.

Lanjut, karena tema yang diusung pada PRSU tahun 2019  ini “PRSU Lebih Keren”, maka kontingen Kota Gunungsitoli akan menyuguhkan penampilan atau atraksi yang jauh berbeda dan lebih menarik. Kontingen Pemko Gunungsitoli akan menampilkan atraksi atau penampilan ; lebih kekinian, tetapi masih tetap dengan nuansa kebudayaan Nias/ ono niha yang kental.

Atraksi yang telah disiapkan untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung menurut Kabag Humas Viktorius Gea adalah Sendra Tari yang menceritakan Hikayat legenda terkenal tentang asal mula “Ono Niha“. Menampilkan Ansambel alat alat musik tradisional khas Nias yang berkolaborasi dengan tarian tarian tradisional yang dibawa kontingen Kota Gunungsitoli, imbuhnya.

Pada acara Minggu nanti juga akan ada kuis bagi penonton dan hadiahnya hasil karya Seniman Kota Gunungsitoli yang langsung dibuat di lokasi,” tambahnya.

Walikota Gunungsitoli, Ir Lakhomizaro Zebua selaku pimpinan daerah mengajak seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli baik yang ada di Pulau Nias maupun di Medan untuk ikut hadir dan menyaksikan seni budaya Kota Gunungsitoli- Nias , pelestarian budaya sangat baik, karena budaya adalah titipan dan harta nenek moyang kita bersama.
Komentar Anda

Berita Terkini