DELINEWSTV

MUHARAM DISKOMINFO MDN

MUHARAM DISKOMINFO MDN
Tahun Baru 1 Muharam

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Sambut HUT Ke-69, Prajurit Kodam I/BB Bersihkan DAS Sei Babura Selama 2 Minggu Berturut-turut

author photo


Dilaporkan : Bernard
Sumber : Pendam I/BB

MEDAN | Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kodam I/Bukit Barisan pada 20 Juni 2019 mendatang, aneka kegiatan dalam bentuk karya bakti terus digencarkan para prajurit Bukit Barisan.

 Salah satunya adalah karya bakti pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Babura yang berada di inti Kota Medan, Sumatera Utara. 

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, karya bakti pembersihan DAS Sei Babura akan secara terus menerus dilakukan oleh prajurit-prajurit Kodam I/BB dari berbagai satuan hingga dua minggu berturut-turut. 

"Tujuan kegiatan ini, selain untuk menjaga arus Sei Babura tidak meluap di saat hujan deras, juga untuk membersihkan badan sungai dari sampah dan semak belukar, termasuk mengurangi risiko pendangkalan," kata Kapendam I/BB di Media Centre Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (29/4/2019).

Pembersihan DAS Sei Babura yang meliputi Kecamatan Medan Baru, Kecamatan Medan Polonia dan Kecamatan Medan Petisah, tidak hanya melibatkan prajurit Kodam I/BB dari sejumlah satuan, tetapi juga staf Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra II, aparatur pemerintahan, dan warga masyarakat yang berada di sepanjang DAS Sei Babura. 

Seperti hari ini misalnya, selain 75 prajurit TNI AD Kodam I/BB, pembersihan DAS Sei Babura ini juga melibatkan warga masyarakat sebanyak 100 orang, aparatur Pemko Medan 25 orang, dan organisasi masyarakat 50 orang.

Proses pembersihan DAS Sei Babura tidak hanya menggunakan alat sederhana, seperti cangkul, garuk rumput, parang dan sejenisnya, tetapi juga menurunkan 3 unit alat berat milik Pemko Medan.

Sebelumnya, pada Jumat (26/4/2019) kemarin, sebanyak 50 prajurit TNI AD jajaran Kodam I/BB, yakni Babinsa Koramil 05/Medan Baru, Kodim 0201/BS sebanyak 15 orang, dan Batalyon Armed 2/105 Kilap Sumagan sebanyak 35 orang, telah melakukan pembersihan di DAS Sei Babura ini. 

Pekerjaan pembersihan untuk normalisasi Sei Babura ini ikut melibatkan staf BWS Sumatra II sebanyak 10 orang, dan Kepling 10 orang.
Komentar Anda

Berita Terkini