DURIAN SIBOLANG

MUHARAM DISKOMINFO MDN

MUHARAM DISKOMINFO MDN
Tahun Baru 1 Muharam

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Forkopimda Taput Peringati Hari Lahirnya Pancasila ke 74

author photo
Ket foto :
Bupati Tapanuli Utara, Drs.Nikson Nababan, M.Si, sebagai Irup hari lahir pancasila ke 74 di Lapangan Tangsi Tarutung, Sabtu (01/6/2019)

Published : Panji HS (Taput)
Editor : Redaksi
TAPUT Moltoday.Com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapanuli Utara melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 74 bertempat di Lapangan Tangsi Kota Tarutung, Tapanuli Utara pada Sabtu (01/06/2019) pagi.


Dihadiri jajaran Polres Taput, Kodim 0210 Taput, Sekolah Dasar, Menengah dan Atas se Kabupaten Tapanuli Utara serta para veteran.

Hadir sebagai Inspektur upacara, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M.Si dalam sambutannya, dengan peringatan hari Pancasila menanamkan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara yang menyatukan semua perbedaan suku agama dan ras.

“Kita harapkan dengan peringatan hari Pancasila ini, Masyarakat kembali tertanam ideologi Pancasila di hati sanubari rakyat, bahwa itulah dasar Negara yang menyatukan semua perbedaan suku Agama dan Ras yang dibingkai dalam NKRI”, dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan bahwa peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan ‘Piagam Jakarta’ oleh ‘Panitia kecil’ tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi 3 (tiga) peristiwa penting tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, yang diperlukan saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus,”  ini berharap peringatan hari lahir Pancasila dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia” , ujar Bupati Taput sebagai Inspektur Upacara" .

Usai upacara dilanjut dengan penaburan bunga ke Taman Makam Pahlawan bertempat di Jalan Pemuda Ujung (Tangsi) Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Horas Marasi Silaen.

Dalam sambutannya,  Kapolres Taput menyebutkan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para pendiri Bangsa. Kita tumbuh dan gelorakan semangat persatuan dan kesatuan Bangsa dengan sikap saling meghargai dan menghormati dalam berbagai perbedaan untuk kebutuhan NKRI bagi anak cucu kita.

“Pancasila adalah anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, namun tak dapat kita pungkiri eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini”. 
Komentar Anda

Berita Terkini