DURIAN SIBOLANG

MUHARAM DISKOMINFO MDN

MUHARAM DISKOMINFO MDN
Tahun Baru 1 Muharam

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Gunung Sinabung Batuk Lagi

author photo



Karo - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih menunjukkan aktivitasnya. Gunung tersebut kembali meletus hebat pada sekitar pukul 16.30 WIB.minggu (9/6/2019)



"Gunung Sinabung meletus sore ini dengan tinggi kolom abu teramati ± 7.000 m di atas puncak (± 9.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 9 menit 17 detik.



Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi sinabung,ujar  Arman saat bertugas di pos pengamatan Gunung api Sinabung, di konfirmasi melalui WA ( ponsel)


Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status *Level III (Siaga)*


Menurut Arman pihak mereka tetap menghimbau dan bekerja sama dengan pihak terkait dan dengan rekomendasi: Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin.



"Kemungkinan erupsi susulan masih akan terjadi, sampai sekarang tremor terus berlangsung", tutup Arman di dampingi oleh Iptu. Dedy D Ginting,SH kapolsek Simpang empat. Karo. (Rianto g)
Komentar Anda

Berita Terkini