Pembukaan ToT Pilot Project Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata, Bupati Dairi: " Danau Toba Ikon Wisata Sumatera"

author photo

Published : Panji HS
Editor        : Panji,Redaksi

DAIRI | Moltoday.com - Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu menghadiri kegiatan Pembukaan Training Of Trainers (ToT) Pilot Project Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Republik Indonesia pada Senin (24/06/2019) di Aula Sada Ahmo Sidikalang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara H. Syahri Ginting S.Pd, MM,.


Kementerian Bidang Perekonomian Sumurung Simanjuntak, 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Dra. Rosema Silalahi, Kepala SMK Negeri 1 Sidikalang Paulus Pandiangan Saing, M.Pd dan guru-guru SMK Negeri 1 Sidikalang.

Kepala SMKN 1 Sidikalang Paulus Pandiangan Saing, M.Pd dalam laporannya menyampaikan SMK Negeri 1 Sidikalang menjadi salah satu sekolah Pilot Project Nasional dari 16 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan 1 BLK (Balai Latihan Kerja) diseluruh Indonesia.

Untuk Sektor Pariwisata dengan Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata memiliki rangkaian kegiatan yang direncanakan berupa, Pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Penetapan Kompetensi sebagai Pilot Project, Identifikasi Mitra Industri pada setiap Kompetensi Keahlian untuk masing-masing sekolah, Penyusunan Kurikulum, Training Of Trainers guru SMK yang meliputi, Pelatihan keterampilan melatih, Pelatihan menyusun tahapan melatih, Pelatihan mendesain kurikulum, Assessment sarana dan prasarana pembelajaran, Pelaksanaan promosi kompetensi. 

Beliau menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dimana Presiden menginstruksikan kepada para menteri, para gubernur, dan Kepala BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) agar mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk merevitalisasi SMK guna meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia dan menginstruksikan supaya disusun peta kebutuhan tenaga kerja bagi lulusan SMK sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman pada peta jalan pengembangan SMK.

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena Sumatera Utara khususnya Danau Toba sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat menjadi salah satu ikon baru wisata dimana tugas itu merupakan penghargaan, yang dibaliknya ada sebuah kewajiban yang harus mendorong ekonomi  dikawasan danau toba sehingga bisa menyumbangkan devisa bagi negara sehingga secara keseluruhan Sumatera Utara khususnya Danau Toba bisa mendapatkan dorongan ekonomi yang lebih tinggi dari pariwisata.

"Kita percaya bahwa pada waktunya nanti pariwisata kita akan pulih dan bisa menjadikan modal yang luar biasa yang dimana Danau Toba adalah pemberian Tuhan yang sangat unik dan susah dicari dimana-mana, dengan infrakstruktur yang sudah semakin rapi, promosi yang semakin tinggi maka pada waktunya nanti kelimpahan turis baik domestik maupun international akan melimpah datang ke Danau Toba" ujar beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa tantangan terbesar pada saat ini adalah bagaimana cara kita mengkonversi anak-anak muda ini tidak hanya memiliki ilmu yang telah di ambil dari bangku sekolah akan tetapi harus memiliki skill/keahlian yang diakui oleh komunitasnya baik domestik maupun internasional maka dengan Training Of Trainers diharapkan kepada guru-guru untuk memberikan keahlian tambahan kepada para siswa untuk sektor pariwisata nantinya."

Itu adalah tugas kami Pemerintah Kabupaten Dairi, Eddy-Jimmy memastikan bahwa generasi baru kita itu adalah generasi yang unggul untuk menerima era baru dimana kita akan menjadi negara industri pariwisata yang maju" ujar beliau mengakhiri sambutannya.
Komentar Anda

Berita Terkini