Kunjungan Pemkab Luwu Timur Gelar Kaji Tiru Pengembangan Kelembagaan Adat Mokole Matano Dan Pengelolaan Pariwisata Ke Kabupaten Samosir

author photo

Published : Panji HS
Editor        : Panji,Redaksi

SAMOSIR | Moltoday.com - Pemkab Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Kaji Tiru Pengembangan Kelembagaan Adat Mokole Matano dan Pengelolaan Pariwisata ke Kabupaten Samosir, 17-23 Juni 2019. 

Rombongan Pemkab Luwu Timur disambut oleh Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga didampingi Kadis Perhubungan Nurdin Siahaan, Kadis Budpora Gomgom Naibaho, Kabag Humas & Kerjasama P. Hartopo Manik, Camat Simanindo Dapot Simbolon bersama sejumlah Staf di Hotel Samosir Cottages, Tuktuk Siadong.

Rombongan Pemkab Luwu Timur yang hadir diantaranya, Wakil Bupati Luwu Timur Ir. Irwan Bahri Syam bersama Ibu, Kadis Perhubungan Andi Makaraka, Kadis Lingkungan Hidup Andi Tabacina, Asisten II H. Budiman, Kabag Pemerintahan Senfri Oktavianus, Yang Mulia Mokole Matano H. Andi Baso AM, Toko Adat dari 12 Anak Suku dibawah Lembaga Adat Mokole Matano dan Management PT. Vale Indonesia.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga. Beliau mengapresiasi atas kunjungan Kaji Tiru Pemkab Luwu Timur ke Kabupaten Samosir, dimana Samosir saat ini sedang giat-giatnya dalam pengembangan pariwisata yang berbasis alam, budaya dan masyarakat.

Wabup Juang Sinaga memaparkan gambaran umum Kabupaten Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Samosir untuk berbenah mengembangkan sektor pariwisata dengan memenuhi elemen penting yakni Attraction, Amenities, dan Access yang ditopang dengan bekerja keras, tulus dan ikhlas. 

Melalui kegiatan ini, Wabup berharap akan terbangun sebuah kerjasama dan korelasi antara Samosir dan Luwu Timur dalan pengembangan industri pariwisata. 
Wakil Bupati Luwu Timur Ir. Irwan Bahri Syam menyampaikan terima kasih atas sambutan yang dan jamuan Pemkab Samosir dalam kunjungan Kaji Tiru ini.

Samosir dan Luwu Timur memiliki kesamaan yakni memiliki kekayaan objek wisata Danau. Hanya perbedaannya Danau Toba dikelilingi oleh 7 Kawasan Kabupaten yang terlibat langsung, sedangkan Luwu Timur dikelilingi oleh 3 Danau yakni Danau Matano, Mahalona dan Towuti. Diakuinya Danau Toba merupakan danau yang indah, sehingga wajar dijadikan sebagai referensi pengembangan danau yang ada di Luwu Timur. Beliau juga berharap kedepan Pemkab Samosir dan Luwu Timur dapat membangun sebuah kerjasama dalam pengembangan industri pariwisata. 

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga mendapat cenderamata berupa pakaian adat Luwu Timur yang diberikan oleh Yang Mulia Mokole Matano H. Andi Baso AM didampingi oleh Wakil Bupati Luwu Timur. Sebaliknya, Pemkab Samosir juga memberikan cenderamata kepada Wakil Bupati Luwu Timur dan Yang Mulia Mokole Matano H. Andi Baso AM berupa Ulos sebagai penghargaan tertinggi.
Komentar Anda

Berita Terkini