Di Hari Jadi Kota Medan Ketua DPRD Minta Walikota Tingkatkan Pelayanan Publik.

author photo




Medan - Di hari jadi Kota Medan ke 429, seharusnya Walikota mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, seperti perbaikan infrastruktur jalan,pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan adminsitrasi kependudukan.



Walikota Medan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),seharusnya fokus memperbaiki segala fasilitas publik dan mencari anggaran dari Kementerian PUPR dan segera mendorong mereka untuk melakukan proyek revitalisasi sungai-sungai di Kota Medan.



"Revitalisasi sungai penting untuk segera dilakukan, mengingat banyak sungai yang butuh perbaikan dan pelebaran, agar mampu menampung debit air ketika turun hujan yang dapat menyebabkan banjir.



Selain itu Pemko Medan sudah harus menyiapkan relokasi bagi penduduk yang tinggal di pinggiran sungai (DAS ) yang akan terkena proyek revitalisasi sungai," ucap Ketua DPRD Kota Medan, Henri Jhon Hutagalung, SE.,SSH.,MH yang juga Politisi dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini, Senin (1/6) diruangan kerjanya.



Henri Jhon menambahkan, terkait pelayanan bagi warga tidak mampu ada amanat di Undang-Undang yang menyebutkan, bagi pendataan penduduk yang bisa di berikan seperti pelayanan kesehatan BPJS, Kesehatan dari program PBI dan Program untuk keluarga miskin yaitu Program Keluaraga Harapan (PKH)".



"Seperti  program PKH di Undang-Undang ada di amanatkan  dua (2) kali dalam setahun harus dilakukan Up Dating Data. Yaitu pada Bulan Maret dan Bulan November setiap tahunnya.



Namun hal itu tidak pernah dilakukan Pemko Medan, seharusnya hal tersebut harus dilakukan untuk mengetahui berapa  jumlah penduduk yang di kategorikan tidak mampu dan harus dilayani, sehingga DPRD Medan dan Pemko Medan bisa menganggarkan untuk disediakan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," terangnya.



Sambung Henri Jhon lagi, kalaupun tidak bisa dilakukan sekaligus dengan menggunakan  APBD, paling tidak Pemko dan DPRD Kota Medan bisa merancang beberapa tahun yang akan datang agar masyarakat kurang mampu saat salit bisa di layani dengan memakai BPJS Kesehatan gratis milik pemerintah".



"Untuk Pendidikan, rumah dan pangan, jika tidak direncanakan lebih baik dari sekarang, berarti Pemko Medan tidak punya visi bagaimana meningkatkan pelayanan untuk warga Kota Medan agar lebih baik dan sejahtera," terangnya.



Terkait interflasi yang akan di usulkan oleh pimpinan di dewan di DPRD Kota Medan, Henri Jhon mengatakan, mereka segera melakukan rapat antara pimpinan sehingga dapat dilihat dulu urgensi dari inteplasi yang akan dilakukan tersebut.



" Inikan kita mau ketemu dulu dari pihak pengusul interplasi dan melakukan rapat, inikan mau minta keterangan dari pemerintah Kota, tentang BPJS PBI Kesehatan yang belum jelas sampai saat ini," kata Henri Jhon Hutagalung. (A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini