Heri Sebayang Meminta Pemerintah Memperhatikan Keadaan Makam Pahlawan Kabanjahe yang Memprihatinkan.

author photo


Published : Rianto G
Editor        : Rianto, Redaksi

KARO |Moltoday.com – Heri Sebayang salah satu putra terbaik Karo kelahiran Desa Perbesi Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo, menyempatkan diri berziarah ke makam pahlawan Kabanjahe Jalan Veteran Kabanjahe pada Senin ( 08/07/2019) sekira pukul 16.00 Wib saat pulang kampung.

Berziarah diisi dengan doa dan tabur bunga tersebut di dampingi oleh salah satu anggota DPRD Karo Jidin Ginting, anak dan cucu para pejuang ( Nancy br Berahmana, Emeninta br Surbakty, Adil Ginting ) dan beberapa rekan Heri Sebayang.[cut]

Doa dan tabur bunga di mulai dari makam mantan Bupati Karo pertama, Rakutta Berahmana, di lanjutkan ke makam Mayor Selamat Ginting dan Peltu Kem Ginting.

Usai acara tabur bunga Heri Sebayang mengatakan, " kita masyarakat Karo pantas untuk berbangga karena di Indonesia hanya ada dua makam pahlawan yaitu di Kalibata Surabaya dan di sini, di Tanah Karo", katanya.

"Beberapa waktu lalu Saya melihat di media sosial, rame di perbincangkan bahwasanya makam pahlawan ini kurang perhatian dari Pemerintah setempat, awalnya Saya kira itu hoax, tapi setelah Saya lihat sendiri tadi, memang berita itu benar adanya bahwa makam ini sangat minim sentuhan Pemerintah dalam hal perawatan dan pembenahan" , ucap Heri.

Lanjut Heri, “Saya melihat mulai dari kebersihan, juga makam pahlawan yang tidak dikenal sangat tidak diperhatikan, banyak tadi bangunan makamnya yang sudah hancur dan patah patah, bahkan tempat transit untuk para pengunjung di sini juga tidak ada” ,sebutnya.[cut]

Heri Sebayang berharap kepada pihak Pemerintah setempat agar lebih prioritaskan pembenahan dan perawatan ke makam para pahlawan, karena tanpa mereka mungkin Tanah Karo ini tidak ada seperti sekarang ini harapnya.

Nancy br Brahmana cucu dari Rakutta Brahmana yang ikut dalam acara tabur bunga tersebut saat di tanya harapannya mengatakan, “saya tetap berharap dan terus berharap, agar ada perhatian yang lebih baik lagi terhadap makam para pejuang kita, jadi saya serahkan sepenuhnya kepada pemerintah kita jika mereka serius mereka pasti mampu untuk memberikan yang layak bagi pahlawan kita, karena para pejuang yang ada disini adalah leluhur kita bersama”, ujarnya.

Anggota DPRD Karo Jidin Ginting mengatakan memang makam pahlawan ini harus di benahi, sudah layak dan sepantasnya pihak executif harus pikirkan ini.

“Kita paham betul bahwa kita butuh anggaran dana untuk pembenahan tersebut, harapan Saya Pemerintah harus pintar untuk meloby dana dari Kemetrian” ,sambungnya.

“Makam pahlawan ini harus bisa di publikasikan ke kancah Nasional bahkan Internasional, makam ini layak di jadikan menjadi destinasi wisata. Angkat lah situs sejarah ini,  ini merupakan salah satu modal bagi kita untuk menjadikan makam pahlawan menjadi salah satu ikon kebanggaan, untuk generasi masa akan datang”, ujar beliau saat di wawancara di halaman makam pahlawan kabanjahe.

Komentar Anda

Berita Terkini