HUT Ke-16 Nisel Dihadiri Bupati Nias Barat Sebagai Ketua Forkada.

author photo

Published : Suar NW
Editor : Redaksi

NIAS |Moltoday.com - Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd selaku ketua FORKADA (Forum Kepala Daerah)Kepulauan Nias menghadiri Perayaan hari jadi kabupaten Nias Selatan yang ke-16 tahun 2019.

Acara dilaksanakan di alun-alun ibukota kabupaten Nias Selatan tepat dilapangan Orurusa kecamatan Teluk Dalam, Senin (29/7).

Ketua Forkada Faduhusi Daely, S.Pd menyampaikan paradigma filosofis makna peringatan hari jadi yang artinya,  pertama adalah Retrospektif berarti melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah merupakan fondasi.

Retrospektif berart hari jadi kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah,  sebuah masa lalu itu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan, paparnya.

Lanjut,  hari jadi merupakan Introspektif,  mawas diri sehingga mampu menjawab persoalan dan responsif terhadap tantangan.

Introspektif artinya peringatan hari jadi kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri; dengan demikian setiap langkah perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan,terangnya.

Paradigma filosofis yang terakhir dalam memaknai sebuah hari jadi menurut tokoh fenomenal ini yaitu Prospektif.
Ia menggambarkan upaya mendesain sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian.Prospektif artinya melalui perayaan hari jadi kita berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa lalu.

Sambil mengingatkan hadirin bahwa dalam tahun ini ada dua kegiatan besar yang akan berlangsung di Kepulauan Nias yaitu SAIL NIAS 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan dan YA'AHOWU  NIAS FESTIVAL (YNF) akan dilaksanakan di Kabupaten Nias Barat.

Mengakhiri sambutannya Faduhusi Daely, S.Pd menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar terus meningkatkan semangat kebersamaan, saling mengingatkan, memberikan kontribusi yang positif sehingga dapat menunjukkan jati diri sebagai pejuang-pejuang kabupaten Nias Selatan.

Hadir dalam acara itu tokoh-tokoh pemekaran kabupaten Nias Selatan, unsur Forum Komunikasi Pimpunan Daerah (Forkopimda) kabupaten Nias Selatan dan unsur Forkada sekepulauan Nias, Sekretaris Daerah kabupaten Nias Selatan dan para petinggi setiap OPD, camat, kepala desa lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, para pejabat sipil, TNI dan POLRI, Pimpinan Parpol dan Pimpinan Ormas, pemuka agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan para serta masyarakat Nisel,  undangan dari berbagai elemen Ormas,  Lsm dan Pers.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH, bertindak selaku Inspektur Upacara. Acara tersebut berlangsung  kmeriah dengan berbagai atraksi seni yang dibawakan siswa/siswi di Kabupaten yang terkenal kaya dengan wisata bahari dan wisata budayanya.(rel)
Komentar Anda

Berita Terkini