PRM Res Tj.Balai

Kejati Sumut dan BNN Provsu Gelar Penyuluhan Hukum di SMP Adhyaksa Medan

author photo
Published : Redaksi
Sumber    : Kasi Penkum

MEDAN |Moltoday.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke-59 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) yang ke-19 tahun 2019, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara Penyuluhan Hukum Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya di Sekolah SMP Adhyaksa Medan yang dipusatkan di Aula Kejari Medan, pada Rabu, tanggal 17 Juli 2019 pukul 09.30 hingga 11.30 wib.


Penyuluhan hukum dihadiri Ketua IAD Wilayah Sumut Ny. Fachruddin Siregar, Ketua IAD Medan Ny. Dwiharto dan ibu-ibu IAD lainnya. Nara sumber dari Kejati Sumut jaksa dari bidang Intelijen, Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, Nova Manurung,SH dan Juliana PC  Sinaga, SH dan nara sumber dari Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNN Provinsi Sumut dr. Suku Ginting.

Dalam materinya, Nova Manurung dan Juliana menyampaikan bahwa bandar narkoba biasanya akan menyasar anak-anak sekolah seperti anak SMP. Beberapa dampak yang disebabkan oleh narkoba adalah malas, suka mengantuk, pemarah, suka berbohong dan yang paling membahayakan adalah menjadi ketergantungan.

"Kalau sudah ketergantungan, biasanya pengguna narkoba akan bertindak diluar kewajaran, bahkan sampai membunuh pun bisa dilakukan. Kalau sudah begini, pengguna narkoba ini jadi tersandung dengan masalah hukum," papar Juliana.

Sama halnya dengan paparan dari BNN Provinsi Sumatera Utara dr. Suku Ginting mengingatkan peserta dari sekolah SMP Adhyaksa agar tidak mencoba narkoba. Secara khusus Suku Ginting menceritakan dampak dari narkoba terhadap kesehatan manusia.

"Pemakai narkoba jika sudah ketergantungan akan mengakibatkan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, HIV AIDS dan penyakit berbahaya lainnya," paparnya.

Untuk menguji kemampuan peserta dalam menyerap materi yang disampaikan nara sumber, Ketua IAD Wilayah Sumut Ny Fachruddin menyampaikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik, yang berhasil menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah.

Penyuluhan yang digelar dengan interaktif ini menurut Kasi Penkum Sumanggar Siagian diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik dari SMP Adhyaksa Medan.

Komentar Anda

Berita Terkini