Puskesmas Berastagi ,Akhirnya Menikmati Air Bersih Kembali

author photo
Karo Moltoday - Kekurangan air bersih yang selama ini di keluhkan pasien dan pegawai di Puskesmas Berastagi sudah bisa menikmati air bersih setelah di tinjau langsung oleh Kepala PDAM Tirtanadi cabang Berastagi Taufik Siregar pada hari Rabu (10/072019)

Kepala PDAM Tirtanadi cab. Berastagi Taufik Siregar mengatakan " Keluhan puskesmas kecamatan Berastagi kabupaten karo telah dapat diatasi.

Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan masyarakat pedesaan yang selama ini sangat membutuhkan air bersih untuk melayani masyarakat dan merupakan salah satu pelanggan PDAM Tirtanadi,  Beberapa hari ini mengeluhkan penyaluran air bersih dari PDAM ke puskesmas tidak lancar.

Setelah di konfirmasi dengan kepala cabang terkait di kantornya,  ternyata pelayanan PDAM saat ini memang belum maksimal 24 jam,  hal ini karena sumber air yang di produksi belum memenuhi kebutuhan pelanggan yang saat ini berjumlah lebih dari 7 ribu pelanggan,  ungkap Ahmad Taufik Siregar. 

Setelah di lakukan cros chek di puskesmas tersebut,  Rabu 10/07/19, bersama,  memang benar puskesmas tersebut mempunyai bak penampung dan airnya tidak jalan,  tetapi penempatan  bak tersebut belum memenuhi standar,  karena menurut salah satu petugas  yang menjaga pendistribusian air,  seorang ibu,  mengatakan bahwa selama ini dia kurang memperhatikan kondisi tangki penampung tersebut,  karena keberadaan tangki tersebut diatas dan selama ini dia juga merasa enggan untuk melapor ke kantor PDAM yang hanya berjarak puluhan meter dari puskesmas.

Saat ini air bersih yang selama ini yang di keluhkan pasien dan pegawai puskesmas Berastagi sudah bisa di nikmati ,  setelah di tinjau langsung dan mendapat arahan  untuk sistem penampungan oleh kepala cabang PDAM Tirtanadi Ahmad Taufik Siregar.

Sementara salah satu staf puskesmas Berastagi ketika di jumpai kru koran ini dengan Kepala PDAM Tirtanadi mengatakan , memang air ke Puskesmas ini sering kali tidak jalan , kadang - kadang hampir setiap hari tidak jalan airnya , bahkan air bak itu pun sempat kering .Sudah berapa lama airnya tidak hidup , jadi kami kedepannya sangat mengharapkan kebutuhan air disni tetap terpenuhi..!

" kalau masalah lamanya hidup atau tidak air ini , saya tidak ingat . Pokoknya air disini sering bermasalah " katanya sambil melihat ke arah Toliet puskesmas tersebut .

Di tempat yang sama salah satu pasien puskesmas tersebut yang bernama Ena Karo-karo ketika di konfirmasi  mengatakan , saat saya ke kamar mandi tadi , saya lihat airnya sudah lancar , tapi selama ini mati atau hidup saya tidak tau juga ya pak , iya ke kamar mandi saya tadi hidup kok" katanya.

Tambah pasien " yah kalau bisa , untuk pengaliran air ke puskesmas ini janganlah di kurang-kurangi , karena pemakaiyan air di sini sangat banyak . Apa lagi Puskesmas Berastagi ini pasiennya pun cukup banyak . Apa lagi puskesmas ini berada di kota wisata , kita malu jika  ada  wisatawan yang  berobat ke puskesmas ini airnya tidak ada" Katanya ( Rianto g)




Komentar Anda

Berita Terkini