Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua dan Rombongan Pemko Monitoring Pembangunan Persiapan Sail Nias 2019.

author photo


Published  : Suar NW
Editor       : Suar, Redaksi

NIAS |Moltoday.com – Perhelatan Internasional Sail Nias 2019 di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara pada Juli hingga September 2019 mendatang dinilai sangat positif dalam upaya mempercepat pembangunan dan kebangkitan Nias menuju gerbang destinasi wisata bahari dunia.

Walikota Ginungsitoli Ir Lakhimizaro Zebua dan Wakil Walikota di dampingi para asisten, Kadis serta Kepala Bidang terkait, monitiring pembangunan persiapan kegiatan Sail Nias 2019 di sepanjang Taman Kota Gunungsitoli, Selasa 9 Juli 2019.

Taman Kota Gunungsitoli yang berada di tepi pantai dalam kota Gunungsitoli dalam dua tahun ini pembangunan sangat efektif dan efisien serta banyak diapresiasi berbakai kalangan dan dinikmati kenyamanannya serta keindahannya oleh masyarakat sekepulauan Nias, sehingga sering disebut ikon Kota Gunungsitoli.[cut]

Pada Kegiatan Sail 2019 mendatang, Pemerintah Kota Gunungsitoli akan mengadakan kegiatan, yang pertama: Festival Kuliner, pelaksanaannya di Taman Kota Gunungsitoli. Dan yang kedua Seminar Warisan Budaya yang dilaksanakan di Lokasi Museum Pusaka Nias Kota Gunungsitoli, papar Walikota.

Ini bertujuan untuk mempromosikan sejumlah objek wisata budaya Nias  sehingga ke depannya akan lebih banyak lagi wisatawan datang ke Kota Gunungsitoli.

Lanjut, Pemerintah Kota  Gunungsitoli ambil bagian pada pelaksanaan wisata bahari (Sail Nias) 2019, Seminar Warisan Budaya rencananya akan dilaksanakan di komplek Museum Pusaka Nias tanggal 11 - 12 September 2019.

Seminar dibagi dua sesi, dimana hari pertama atau tanggal 11 September 2019 digelar seminar, dan pada hari kedua tanggal 12 September 2019 digelar Tour Budaya.[cut]

Pada Tour Budaya, para peserta seminar yang diperkirakan 150 peserta yang sebagian besar diharapkan dari kedutaan dan konsulat jenderal negara negara sahabat  akan diajak mengunjungi lokasi budaya yang ada di Kota Gunungsitoli.

Lokasi budaya yang akan dikunjungi adalah Museum Pusaka Nias, Desa Adat di Desa Tumori, Kecamatan Gunungsitoli Barat dan Gua Togindrawa di Desa Lolowonu Niko, Otano, Kecamatan Gunungsitoli.

Sail Nias 2019 adalah Program Pusat, dana kegiatan diatur oleh kepanitiaan pusat lintas kementerian atau koordinator kemaritiman yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia DR.Yassona Laoly, M.Sc

Tujuan Seminar Warisan Budaya Nias adalah untuk mengangkat Budaya Nias di tingkat Nasional dan Internasional, dan Seminar Warisan Budaya Nias tujuannya untuk mengajak lembaga lembaga yang konsen kepada budaya memberikan perhatian, membuat program Pelestarian Budaya Nias.

Karena budaya Nias cukup menonjol dan punya sisi sejarah serta budaya serta seni yang tinggi.

Walikota Gunungsitoli berharap semoga masyarakat Kota Gunungsitoli mendukung penuh Sail Nias 2019 ini, karena Kota Gunungsitoli makmur,  nyaman, sejuk dan indah.

Komentar Anda

Berita Terkini