Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Diskominfo Medan

Diskominfo Medan
Idul Adha 1440 H 2019

Dandim 0308/Prm Panen Padi di Demplot Bios 44 Koramil 04/Sicincin

author photo


Published: MBN70
Editor.       : Redaksi

PARIAMAN|Moltoday -Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0308/ Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto, S. Sos bersama koordinator PPL Kec. 2x11 Kayu Tanam Indrawati, SP didampingi Danramil 04/Sicincin Kapten Inf Maslur bersama anggota Koramil panen padi di Demplot Bios 44 Koramil setempat, Rabu (31/07/07/2019).

Panen padi di Demplot Bios 44 di Korong Pasa Surau Nagari Guguk Kec. 2x11 Kayu Tanam ini memiliki luas lahan seperempat hektar Demplot (Demontration Ploting) Bios 44 dengan tanaman padi jenis Varietas Kuriak Kusuik ini juga dihadiri Walinagari Guguk Ahmad Yuni Kamil dan ketua Keltan Cimangkuang Idris

Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, mengatakan bahwa
Bios 44 merupakan pupuk organik yang dikembangkan Korem 032/Wirabraja untuk pertanian guna menekan biaya produksi tanaman padi tersebut.

Dandim berharap dengan menggunakan Bios 44 produksi padi semakin baik dan biaya produksi bisa ditekan sehingga petani bisa sejahtera.

Dandim menyampaikan saat ini beras organik mempunyai harga yang cukup tinggi dipasaran dibanding dengan beras dari padi pupuk kimia namun hal ini perlu terobosan khusu guna mencapai hasil produksi yang maksimal. " Kita tidak hanya menanam padi untuk dimakan namun juga menanam padi untuk mendapatkan nilai lebih secara ekonomis" ujar Dandim saat pelaksanaan panen .


Masih dijelaskan Dandim bahwa pembuatan Demplot Bios 44 Koramil 04/Sicincin tersebut bertujuan mendukung suksesnya Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Pangan. Melihat hasil dari Demplot tersebut Dandim mengajak dan memotifasi Babinsa yang turut serta dalam panen tersebut serta seluruh Babinsa jajaran Kodim 0308/Pariaman untuk lebih giat lagi memotivasi dan berkerjasama dengan petani di wilayah binaanya.

"Harapannya Demplot Bios 44 bisa dikembangkan di Nagari yang menjadi binaan Babinsa untuk dapat memberi pencerahan tentang penggunaan Dekomposer Bios 44 dalam menekan biaya produksi serta membuat lahan organik sehingga beras yang dihasilkan adalah beras organik berkualitas untuk bisa bersaing dipasaran, "pinta Dandim.

Hal senada juga disampaikan koordinator PPL ibu Indrawati,SP yang sudah cukup lama berkecimpung di Nagari Guguk mendampingi petani bersama Babinsa "kita akan selalu mencari terobosan guna mencapai hasil produksi padi yang maksimal di wilayah ini makanya kami bersinergi dengan Babinsa mendorong petani setelah panen tidak lama -lama membiarkan lahannya tidur. "Kita ajak mereka agar segera turun kesawah untuk mengolah lahannya kembali" tutur bu In sapaan akrab nya di Nagari Guguk.

Panen perdana kali ini dicoba mengambil ubinan sebanyak 3.4/Ha dan diharapkan pada panen selanjutnya dapat ditingkatkan kembali.

Diakhir kegiatan panen perdana Demplot Bios 44 Koramil 04/Sicincin Dandim didampingi Koordinator PPL Indrawati, Danramil,Walinagari, Ketua Kelompok Tani Cimangkuang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa makan bersama ditepi sawah sambil menikmati hidangan ala pedesaan. Makan bersama ini merupakan kenikmatan tersendiri guna menjalin kebersamaan antara petani dengan Kodim 0308/Pariaman.
Komentar Anda

Berita Terkini