DELINEWSTV

MUHARAM DISKOMINFO MDN

MUHARAM DISKOMINFO MDN
Tahun Baru 1 Muharam

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Memperingati HKGB ke 67, Bhayangkari Cabang Polres Batubara Lakukan Tes IVA,Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

author photo
Published : Bern M
Editor : Bern, Redaksi

BATUBARA |Moltoday.com – Memperingati Hari Kesatuan Gerakan Bhayangkari (HKGB) yang ke 67, Pengurus Bhayangkari Cabang Batu Bara mengadakan "Test IVA”,(Inspeksi Visual Asam Asetat) bersama Masyarakat, bertempat di FKTP Klinik Pratama Polres Batu Bara.
Test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara Inspeksi Visual pada serviks dengan pemberian asam asetat. Setelah dilihat posisinya, leher rahim dipulas dengan asam asetat 3-5% selama 1 menit. Pemberian ini tidak menyakitkan dan hasilnya langsung saat itu juga dapat disimpulkan Normal (Negatif) atau Positif (ada lesi pra-kanker).
Menurut medis, keuntungan IVA yakni murah, mudah, praktis, alat yang dibutuhkan sederhana,dan dapat memberikan hasil segera, sehingga dapat diambil keputusan mengenai pelaksanaanya.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at, 16 Agustus 2019 yang dimulai sekira 10:00 Wib pagi dipimpin langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Polres Batu Bara, Ny Vera R Simatupang dan dihadiri para pengurus, Paurkes Pores Batu Bara Bripka P. Tumanggor, dan Dr.Sri Wahyuni, serta Masyarakat Limapuluh yang memiliki anak balita.
Pelaksanaan diawali dengan pendaftaran para peserta dilanjut dengan pemberian arahan dan kata sambutan oleh Ketua Bhayangkari Cabang Polres Batu Bara, Ny Vera R Simatupang lalu dilanjut dengan menimbang berat badan anak balita dan pemberian makanan bergizi. Test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dilakukan oleh Dr. Sri Wahyuni.

Kegiatan usai dilaksanakan sekira 11:40 Wib dalam situasi aman dan kondusif.

Komentar Anda

Berita Terkini